Transportasi Umum Antarkampus

245

Oleh: Djoko Setijowarno

KEBERADAAN kawasan pendidikan yang menimbulkan tarikan perjalanan perlu didukung fasilitas transportasi publik (angkutan umum) yang memfasilitasi kebutuhan pergerakan ke dan dari lokasi pendidikan tersebut.

Wilayah Tembalang-Bendan Dhuwur-Sekaran merupakan wilayah sebaran kawasan pendidikan di Kota Semarang. Terdapat lebih dari 10 kampus pada kawasan ini, yakni Universitas Diponegoro, Politeknik Negeri Semarang, Unika Soegijapranata, Universitas 17 Agustus Semarang, IKIP Veteran, STIP Farming, Akpelni, Politeknik Maritim, Universitas Negeri Semarang dan beberapa kampus lain tidak terakses langsung ke jalan utama, seperti Universitas Pandanaran, Politekes, Stikubank, Universitas Wahid Hasyim, Akademi Kebidanan Abadi Husada. Undip dan Unnes merupakan kampus dengan aktivitas tertinggi dengan jumlah civitas akademika yang paling banyak.

Tingginya potensi tarikan perjalanan belum didukung layanan angkutan umum yang memadai. Saat ini, koridor layanan angkutan umum banyak dilayani pada koridor utama, yakni pusat kota ke Banyumanik melalui ruas Jalan Sultan Agung, Jalan Teuku Umar, dan Jalan Setiabudi. Selain itu, kondisi pelayanan angkutan umum perkotaan belum terintegrasi dengan baik. Kinerja pelayanan angkutan umum perkotaan juga masih rendah. Baik dari sisi operasional yang sering ngetem, mengoper penumpang, besaran tarif yang tidak tetap, serta kondisi bus yang kurang layak.

Sedangkan keberadaan bus rapid transit (BRT) Trans Semarang koridor 2 (Terminal Terboyo-Terminal Sisemut, Ungaran), letak haltenya relatif jauh dari persimpangan jalan. Di kawasan Tembalang untuk sisi timur terdapat di depan ruko yang berjarak 300-400 meter. Sedangkan utuk sisi barat di depan Hotel Plaza (200-300 meter) dan di kawasan Bendan Dhuwur (Jatingaleh) halte sisi timur tidak difasilitasi dengan fasilitas menyeberang jalan dan di sisi barat berjarak 200-300 meter dan tidak terdapat fasilitas trotoar.

Belajar dari kampus baru di kota lain, misalnya Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, yang dilayani dengan membuka Stasiun UI di jalur KRL Jabodetabek lintas Jakarta-Bogor. Kemudian Kampus Universitas Pajajaran (Unpad) di Jatinangor, disediakan trayek bus Bandung (Kampus Lama) -Jatinangor.