Penumpang Kereta Api Tembus 2,8 Juta

Di Wilayah Daop 4 Semarang

254
AMAN DAN NYAMAN: Kualitas pelayanan untuk penumpang kereta api dari PT KAI terus diperbaiki sehingga penumpang terus bertambah. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
AMAN DAN NYAMAN: Kualitas pelayanan untuk penumpang kereta api dari PT KAI terus diperbaiki sehingga penumpang terus bertambah. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 4 Semarang telah berhasil mengangkut 2,8 juta orang penumpang dalam kurun waktu Januari-Agustus 2015. Jumlah tersebut setidaknya telah mencapai sekitar 80 persen dari target penumpang yang dipatok tahun ini sebesar 3,6 juta penumpang.

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang, Cipto Susilo Hadi mengatakan, di wilayah Daop 4 sendiri melayani 62 perjalanan kereta api, yang melintas. Dari jumlah tersebut, 12 kereta api murni dioperasionalkan oleh Daop 4 Semarang. “Di wilayah kami ada 62 perjalanan kereta api, baik yang melintas maupun yang berangkat dan dioperasionalkan oleh Daop 4,” katanya, kemarin.

Para penumpang kereta api, lanjutnya, masih didominasi penumpang kelas ekonomi yang mencapai 78 persen. Sedangkan sisanya 22 persen penumpang bisnis dan eksekutif.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Supriyanto menambahkan, untuk mendongkrak jumlah penumpang, PT KAI Daop 4 Semarang juga telah berencana menambah rute perjalanan baru. Rute baru Semarang-Jakarta PP ditargetkan akan mulai beroperasi pada akhir tahun mendatang, sekaligus menyambut Natal dan Tahun Baru 2016. “Rencana rute perjalanan baru, ada kereta Tawang Mas, Semarang-Jakarta PP, dengan kelas ekonomi. Nantinya satu rangkaian ada 8 gerbong, dengan kapasitas angkut sekitar 800 penumpang,” imbuhnya.