Panwas-Satpol PP Bersihkan Alat Peraga

202
TEGAS: Petugas Satpol PP Demak membawa APK yang telah dicopot kemarin. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)
TEGAS: Petugas Satpol PP Demak membawa APK yang telah dicopot kemarin. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)

DEMAK – Panwas dan petugas Satpol PP, kemarin, membersihkan semua alat peraga kampanye (APK) milik pasangan calon (paslon) disepanjang jalan raya Pantura Demak. Mulai dari Sayung hingga Karanganyar (perbatasan Kudus). Ketegasan ini diambil setelah pemasang dari paslon tidak mau mencopoti APK milik mereka.

Ketua Panwas Demak, Khoirul Saleh, mengatakan, semua APK tidak diperbolehkan dipasang selain dari KPUD. Panwas bersama Satpol PP mulai bergerak mengambil APK dijalan-jalan protokol Kota Demak. setelah itu dilanjutkan ke arah jalur Pantura. “Pencopotan APK ini sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”katanya.

Kepala Satpol PP Pemkab Demak, Yulianto menambahkan, pencopotan atau pembersihan APK memang menjadi tugas pokok Panwas setempat. Sebelumnya, penurunan APK oleh pemasang diberikan waktu 1×24 jam. Namun, karena paslon sebagai pemasang APK tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana yang dimaksud, maka Panwaskab dan atau panwas kecamatan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkan APK kampanye tersebut. “Jadi, sudah jelas penurunan APK itu tugas Panwas dan satpol pihak yang diajak koordinasi untukikut mencopot APK tersebut,”ujar Yulianto.