UNGARAN – Kepolisian Resor Semarang kembali memberikan kesempatan pada putra putri bangsa untuk menjadi anggota Polri melalui seleksi dan penerimaan Brigadir Khusus Penyidik Pembantu TA 2015. Pendaftaran dibuka tanggal 18 Agustus sampai 8 September 2015. Pembukaan pendidikan mulai 6 Oktober 2015 dan akan mengikuti masa pendidikan selama 7 bulan.

Pendaftaran bisa mengakses langsung di www.penerimaan.polri.go.id atau menghubungi Bagian Sumda Polres Semarang jalan Gatot Subroto Ungaran. “Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis asal memenuhi persyaratan yang diminta. Karena sistem penerimaan anggota Polri ini adalah bersih, transparan, akuntabel dan humanis,” jelas Kabag Sumber Daya Polres Semarang, Kompol Karsoyo.

Persyaratan pendaftar putra-putri, sehat jasmani dan rohani dan minimal usia 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri). Selain itu belum pernah menjadi anggota Polri, berijasah minimal S1 dengan program studi terakreditasi dengan nilai rata-rata 2,5. Dengan ketentuan tinggi badan pria 160 cm dan wanita 155 cm dan belum pernah menikah. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

“Bagi yang memiliki prestasi di tingkat provinsi/nasional atau internasional, agar melampirkan sertifikat atau piagam penghargaan karena akan dijadikan bahan pertimbangan dalam penentuan kelulusan,’’lanjut Karsoyo.

Calon pendaftar bersedia untuk mengikuti ikatan dinas dan tidak terikat dengan ikatan dinas dengan instansi lain. Selanjutnya calon pendaftar harus mengikuti tahapan pemeriksaan yaitu pemeriksaan administrasi, kesehatan, psikologis, uji akademik, uji kemampuan jasmani, penelusuran kepribadian dan terakhir adalah sidang terbuka kelulusan tingkat panitia daerah.(yet/fth)