Tak Mau Buru-buru Tentukan 15 Pemain

Tim Basket Putri Jateng Terus Bersiap Menghadapi PON XIX 2016 Jabar

448

basket-web

BERSTATUS Sebagai juara bertahan, tim basket putri Jateng tak mau main-main menghadapi PON XIX Jabar 2016 mendatang. Saat ini persiapan terus digodog demi menjaga tradisi emas di ajang multievent empat tahunan itu.

Saat ini tim pelatih Jateng terus memburu pemain terbaik dimana nantinya hanya akan tersisa 15 nama pemain yang masuk dalam daftar pemusatan latihan tahap selanjutnya yang akan digelar hingga akhir tahun 2015 ini.

Juru taktik basket putri Jateng, Xaverius Wiwid mengaku telah mendapatkan gambaran pemain yang berhak maju ke tahapan berikutnya. Nama-nama tersebut akan diumumkan pada awal bulan September mendatang.

“Nama-nama sudah masuk dalam kantong kami, namun masih belum final, masih sebatas gambaran karena masih ada waktu bagi pemain untuk menunjukkan performa terbaik mereka. Prinsipnya kami tak terburu-buru untuk menentukan siapa yang lolos,” tutur Wiwid.

Menurutnya, selama menjalani pemusatan latihan sekarang ini, pemain menunjukkan progres yang menggembirakan. Wiwid lebih banyak menekankan pada menu fisik usai tahapan tersebut, pemain akan kembali ke daerah atau klub masing-masing untuk desentralisasi pemusatan latihan.

”Nantinya dua minggu sekali akan kami kumpulkan untuk melihat bagaimana perkembangan mereka selama berlatih di klub atau daerah. Program ini akan berjalan hingga nanti kami akan menentukan 12 pemain yang akan bertarung di PON. Kemungkinan pada awal 2016, 12 pemain tersebut akan ditentukan,” terang pelatih yang sukses membawa tim basket putri Jateng menyabet medali emas PON Riau 2012 itu.

Wiwid juga tengah merancang program uji coba untuk melihat sejauh mana penyerapan pemainnya pada program yang diberikan. Uji coba ini sangat penting untuk menumbuhkan atmosfer pertandingan pada pemain. Mengingat, tim putri PON Jateng lolos ke Jabar sebagai juara bertahan. ”Ini harus kami siasati dengan memperbanyak uji coba dengan tim-tim lain. Sehingga anak-anak terbiasa dengan pertandingan,” lanjutnya.

Sementara itu, General Manajer tim basket PON XIX Jateng Poa Seng Goeng menjelaskan, uji coba merupakan program utama baik bagi tim putri ataupun putra Jateng sebagai salah satu bentuk persiapan mereka. (bas)