Rangkul Kaum Hawa, Sibagus Bentuk KPPS

249
JARING SUARA PEREMPUAN: Pengurus Kaukus Perempuan Pendukung Sibagus (KPPS) Kota Semarang saat dilantik di Hotel Pandanaran, Minggu (30/8). (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JARING SUARA PEREMPUAN: Pengurus Kaukus Perempuan Pendukung Sibagus (KPPS) Kota Semarang saat dilantik di Hotel Pandanaran, Minggu (30/8). (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Wanita bukan kaum nomor dua. Sebab, dalam menentukan suatu pilihan, kaum hawa kerap mengambil banyak porsi dalam menentukan opsi. Menyadari hal itu, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso (Sibagus) melantik pengurus Kaukus Perempuan Pendukung Sibagus (KPPS) Kota Semarang di Hotel Pandanaran, Minggu (30/8) kemarin.

Kelompok yang merupakan sayap perempuan Sibagus tersebut akan mengenalkan dan menyosialisasikan berbagai program di kalangan perempuan sampai tingkat basis. Agar sinkronisasi dengan pasangan Sibagus makin mudah, dipilih Daning Arista Putri, istri Sigit Ibnugroho, sebagai pentolan sekaligus penasihat KPPS.

Daning menuturkan, setelah pelantikan tingkat kota ini, pihaknya akan membentuk KPPS di tingkat kecamatan dan kelurahan. Hal ini dilakukan untuk menyerap dan menjaring suara seluruh perempuan yang ada di Semarang dengan persentase sekitar 50 persen lebih. Melalui wadah itu, mereka juga akan memopulerkan Sibagus di seluruh elemen masyarakat dalam Pilwalkot 9 Desember mendatang.

”Setelah diresmikan, kami akan bergerak membentuk kader atau relawan yang menjembatani aspirasi perempuan kepada Sibagus,” ujar penasihat KPPS Daning Arista Putri kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dia merinci, terdapat lima seksi koordinator dalam kepengurusan KPPS, yakni bidang ekonomi, agama, hubungan antarlembaga, kesetaraan gender, dan pendidikan, seni, dan budaya. Kelima seksi itu akan berusaha menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kota Semarang.

”Jadi, nanti kami akan bergerak dengan menggelar pasar murah, pengobatan dan pemeriksaan gratis, senam bersama, pantauan posyandu, serta beberapa kegiatan lainnya yang melibatkan kalangan perempuan. Paling tidak dalam tiga bulan ke depan, kami akan menyelenggarakan beraneka kegiatan di 16 kecamatan Kota Semarang. KPPS ini tidak hanya berlangsung selama Pilwalkot 2015, tapi untuk seterusnya dalam rangka menjaring aspirasi dan masukan dari para perempuan,” katanya.

Ketua KPPS Kota Semarang, Umi Surotud Diniyah, menambahkan, usai dilantik pihaknya akan langsung bekerja sampai tingkat basis RW dan RT. Pihaknya optimistis bisa menjaring mayoritas suara perempuan pada pilwalkot mendatang.

”KPPS yang merupakan sayap perempuan pendukung Sibagus akan berusaha merangkul dan menjaring suara perempuan. Kami akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk memopulerkan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sigit Ibnugroho dan Agus Sutyoso,” tandasnya. (amh/aro/ce1)