Butuh Lawan Lebih Keras

233
MENANG LAGI: Tim Sepak Bola Jateng (biru) saat menghadapi Diklat Kudus, kemarin di Stadion Kamal Junaedi Jepara. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENANG LAGI: Tim Sepak Bola Jateng (biru) saat menghadapi Diklat Kudus, kemarin di Stadion Kamal Junaedi Jepara. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)

JEPARA – Tim sepak bola Jateng yang dipersiapkan menghadapi babak kualifikasi PON kembali menuai hasil positif. Soni Setiawan dkk berhasil menang 3-0 atas Diklat Putra Kudus dalam laga yang digelar di Stadion Kamal Junaedi Jepara, sore (26/8) kemarin.

Tiga gol Jateng masing-masing disumbangkan oleh Dwi Chandra Rukmana (7’) kemudian Kukuh Pramuyudha (44’) dan gol pamungkas yang disumbangkan oleh Ragil Putut Widodo pada menit ke 64.

Meski menang, head coach Jateng, Firmandoyo mengaku masih banyak catatan yang harus diperbaiki anak-anak Jateng setelah melakoni uji coba kedua selama melakoni pemusatan latihan di Jepara kemarin. “Anak-anak belum bisa mengaplikasikan hasil latihan dengan baik. Di uji coba ini saja dari catatan saya hanya satu skema dari hasil latihan yang berhasil diterapkan anak-anak,” terang mantan pelatih PSIS Semarang itu.

Selain itu, Firmandoyo mengatakan, timnya masih butuh setidaknya dua kali laga uji coba sebelum benar-benar turun di babak kualifikasi PON zona Jawa yang akan digelar di Surabaya Oktober 2015 mendatang.

Di uji coba selanjutnya, pelatih yang juga membawa Jateng meraih medali perunggu di PON 2012 itu juga berharap Soni Setiwan bisa mendapatkan lawan yang selevel atau bahkan memiliki level di atas tim mereka. “Karena hal itu penting untuk mengetahui kualitas sebenarnya dari tim kami. selama ini kami belum bisa mendapatkan tekanan pertandingan dengan tim yang selevel atau levelnya di atas kami,” sambungnya.

Di Pra PON mendatang Jateng harus bersaing dengan tim-tim kuat, yaitu tuan rumah Jatim kemudian DKI Jakarta, Banten dan DIJ. Sementara Jabar sebagai tuan rumah PON 2016 otomatis lolos.

Terkait laga uji coba lanjutan tersebut, Ketua Asprov PSSI Jateng, Johar Lin Eng mengatakan pihaknya saat ini juga tengah menyusun rencana uji coba dengan dua provinsi yaitu Jatim dan Papua dalam waktu dekat ini. “Secepatnya kami akan komunikasi dengan tim-tim daerah lain. Kalau Papua saat ini memang sudah komunikasi dengan kami dan mereka sedang berada di Jatim jadi kemungkinanannya cukup bear,” terang Johar. (bas/smu)