Bank Jateng Bagikan Hadiah

272
BAGIKAN HADIAH : Para juara lomba menulis cerita rakyat usai menerima hadiah dari Bank Jateng Cabang Kajen, di stand Dinas P dan K di Kajen Expo, kemarin. (TAUFIKHIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BAGIKAN HADIAH : Para juara lomba menulis cerita rakyat usai menerima hadiah dari Bank Jateng Cabang Kajen, di stand Dinas P dan K di Kajen Expo, kemarin. (TAUFIKHIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KAJEN-SMA Negeri 1 Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, akhirnya berhasil menyabet juara I dan II lomba menulis cerita rakyat yang diselenggarakan oleh Bank Jateng Cabang Kajen bersama Komunitas Ayo Menulis dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan. Lomba tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-393.

Adalah Ikhtiar Anugrah,16, siswa dari SMA Negeri Kandangserang asal Desa Kajongan, Kecamatan Kajen yang meraih juara I dan Khusnul Khotimah, siswa SMA Negeri 1 Kandangserang asal Desa Lambur 4 RT 21 RW 7, Kecamatan Kandangserang, meraih juara II. Sedangkan juara III diraih oleh Atin Kumalasari, siswa dari SMA Negeri 1 Kajen dan Kiki Mei Lestari juara harapan I dari SMA Negeri Bojong.

Ketua juri pelaksana lomba menulis cerita rakyat, Akar Atya, mengungkapkan bahwa lomba tersebut diikuti oleh 97 siswa SMA se Kabupaten Pekalongan. Namun setelah dilakukan penilaian, hanya 36 siswa yang penulisannya layak mengikuti seleksi berikutnya.

Menurutnya, lomba menulis dinilai berdasarkan pada ketepatan pemilihan tema dan judul, amanat cerita pendek, ketepatan penggunaan sudut pandang serta deskripsi fisik tokohnya. “Dari 97 peserta lomba yang mengirimkan naskah, hanya 36 karya lomba yang layak untuk diseleksi lebih lanjut. Kemudian, 4 peserta menjadi juara,” ungkap Akar Atya yang juga penulis nasional ini.

Sedangkan Ketua Komunitas Ayo Menulis Indonesia, Kabupaten Batang, Bambang Wirudi mengatakan bahwa peserta lomba menulis cerita rakyat, adalah anggota Komunitas Ayo Menulis di Kabupaten Pekalongan yang sebagian besar pelajar.

“Dengan adanya lomba ini, budaya pitutur lisan yang ada di tengah-tengah masyarakat, tidak akan punah. Karena telah ditulis oleh anggota Komunitas Ayo Menulis di Kabupaten Pekalongan. Hasil dari lomba akan dibuat buku Mendongeng Pekalongan yang diterbitkan oleh penerbit nasional,” kata Bambang.

Bambang juga menegaskan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada Bank Jateng Cabang Kajen, yang telah memberikan support kegiatan Komunitas Ayo Menulis Indonesia.“Kami berharap minat baca di Kabupaten Pekalongan tumbuh dengan baik,” tegas Bambang.

Sementara itu, Pimpinan Bank Jateng Cabang Kajen, Imam mengungkapkan bahwa dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-393, Bank Jateng Cabang Kajen mengelar lomba menulis cerita rakyat yang ada di Kabupaten Pekalongan. “Lomba ini untuk menumbuhkan minat baca dan menulis pelajar di Kabupaten Pekalongan. Selain itu, hasil karya peserta lomba dijadikan buku. Dan royalti penulis juga akan diberikan. Selain itu, akan menerbitkan buku berikutnya lagi,” tutur Imam.

Pemberian hadiah diberikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Pekalongan, Sri Sugiarti kepada para juara 1, 2, 3 dan harapan berupa uang tabungan Bima dari Bank Jateng Cabang Kajen sebesar Rp 1 juta, Rp 750 ribu, Rp 500 ribu, Rp 250 ribu, piala, buku Mendongeng Pekalongan. (thd/ida)