TIM VOLI MENANG : Tim Bola Voli Kabupaten Batang saat bertanding melawan Kabupaten Banyumas yang akhirnya dimenangkan Kabupaten Batang, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TIM VOLI MENANG : Tim Bola Voli Kabupaten Batang saat bertanding melawan Kabupaten Banyumas yang akhirnya dimenangkan Kabupaten Batang, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BATANG-Kontingen Kabupaten Batang mengawali Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kedu, Pekalongan dan Banyumas (Dulongmas) di Kota Magelang, Jumat (21/8) kemarin, dengan hasil menggembirakan. Di cabang olah raga bola voli melawan tim Bola Voli Kabupaten Banyumas, di Gedung Indor Samapta, Kabupaten Batang unggul dengan skor 8:25 dan 17:25.

Kemenangan tersebut membawa kepercayaan diri tim bola voli Kabupaten Batang. Pasalnya, anggota tim yang berasal dari Kecamatan Tersono, Banyuputih dan Limpung atau lebih dikenal dengan Batang Timur tersebut, semula kurang percaya diri. Selain baru dibentuk, anggota tim terdiri atas siswa SMP dan SMA.

Pelatih Tim Bola Voli Kabupaten Batang, Parjo, ketika dikorfirmasi mengungkapkan bahwa pertandingan di Dulongmas menggunakan sistem setengah kompetisi atau two winning set. Setelah menang melawan Banyumas, tim Kabupaten Batang akan bertemu Tim Bola Voli Putri Kabupaten Temanggung pada hari ini, Sabtu (22/8).

Menurutnya dalam event Dulongmas, tim Bola Voli Batang menurunkan atlet anak-anak binaan asli Kabupaten Batang. Tepatnya dari wilayah Batang Timur atau yang disebut Sorbanwali yakni singkatan dari Kecamatan Tersono, Banyuputih dan Limpung.

“Anak binaan ini dipersiapkan untuk konsisten bertanding. Karena itulah, Kabupaten Batang hanya membawa 10 atlet bola voli,” ungkap Parjo yang juga karyawan Bank Jateng Cabang Batang.

Kesiapan event Dulongmas ini, kata Parjo, pihaknya sudah melakukan latihan rutin di sekolah MAN NU Kecamatan Limpung. Sekolah tersebut digunakan sebagai pusat Training Center Bola Voli dengan porsi latihan setiap hari dua kali.

Sedangkan untuk lebih mematangkan skill para atlet bola voli, mereka melakukan program karantina selama satu minggu di Kota Semarang. Setelah sebelumnya dilakukan seleksi ketat untuk memilih tim bola voli. “Kami menargetkan Batang masuk empat besar di Dulongmas. Kami tidak muluk – muluk, karena kami memang ingin produk asli Batang ini bisa main dan memiliki teamwork yang bagus. Ini adalah bagian dari persiapan Kejurprov tahun 2017 mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Nova Ningtiyas,13, atlet termuda dalam tim bola voli Kabupaten Batang, mengaku sangat siap untuk bertanding melawan tim bola voli dari Kabupaten Temanggung, yang akan dilaksanakan hari ini, Sabtu. “Saya sangat siap bertanding, meski usia saya paling muda. Tapi itu bukan halangan,” ujar siswi SMPN 2 Limpung ini. (thd/ida)