6 Dewan Jadi Haji Abidin

193

SEMARANG – Enam anggota Komisi E DPRD Jateng bakal menjadi Haji Abidin (atas biaya dinas). Mereka akan diberangkatkan Pemprov Jateng ke Tanah Suci dengan dibiayai APBD. Pemberangkatan dikemas dengan memasukkan mereka sebagai Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelengara Ibadah Haji (TP4H).

Keenam anggota DPRD Jateng tersebut adalah Hasan Asyarie (F PKB); Yudi Indras Wiendarto (F Gerindra); Hj Farida Rahmah (F Golkar); Karsono (FPKS); Endrianingsih Yunita (FPDIP) serta Nur Khasanah (FPPP). Mereka semua merupakan anggota dewan yang kini duduk di Komisi E DPRD Jateng. ”Iya ada enam orang dan semua dari Komisi E yang diberangkatkan sebagai TP4H,” ujar ketua Komisi E DPRD Jateng, AS Sukawijaya.

Politisi Demokrat ini menambahkan, mereka diberangkatkan sebagai TP4H oleh Pemprov Jateng. Keenamnya sudah melalui berbagai tahapan seleksi yang dilakukan sebelumnya. ”Itu sudah diputuskan memang kuotanya berkurang, jadi tahun ini hanya enam yang berangkat,” tambahnya.

Sekretaris DPRD Jateng, Indra Surya mengatakan, enam anggota DPRD Jateng berangkat dengan difasilitasi Pemprov Jateng. Mereka yang menjadi TP4H itu semua merupakan anggota Komisi E yang merupakan bidangnya. ”Jumlah lengkapnya saya belum tahu, karena memang ada perubahan,” katanya.

Kepala Biro Bina Mental Pemprov Jateng, Raharjanto mengatakan, pemberangkatan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan TP4H memang difasilitasi Pemprov Jateng. ”Jumlahnya ada 174 orang, dari pemprov dan pemerintah kabupaten/kota, termasuk dari anggota DPRD Jateng,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jateng, Ahmadi mengatakan, tahun ini ada sebanyak 24.057 jamaah haji asal Jateng. Mereka terbagi menjadi 74 kloter yang diberangkatkan secara bertahap. Setiap kloter didampingi lima orang, baik pembimbing, dokter, dan para medis. (fth/ric/ce1)