Kajen Targetkan 10 Emas, Kota Pekalongan 35 Emas

232
LEPAS KONTINGEN : Bupati Pekalongan, Amat Antono, saat melepas 68 atlet, 17 official dan 15 pendamping kontingen Dulongmas untuk berlaga di Porwil Dulongmas Magelang, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LEPAS KONTINGEN : Bupati Pekalongan, Amat Antono, saat melepas 68 atlet, 17 official dan 15 pendamping kontingen Dulongmas untuk berlaga di Porwil Dulongmas Magelang, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KAJEN–Kabupaten Pekalongan tidak mengirimkan atlet sebanyak daerah lain dalam Laga Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kedu, Pekalongan dan Banyumas (Dulongmas) di Magelang. Namun mengirimkan para atlet terpilih yang telah melalui seleksi ketat serta memiliki prestasi di bidang olah raga.

Hal itu terungkap saat Plt Ketua KONI Kabupaten Pekalongan, Suriyan, menjelaskan kepada Bupati Pekalongan, Amat Antono, menjelang pelepasan kontingen Dulongmas Kabupaten Pekalongan. Kemudian, sebanyak 68 atlet, 17 official dan 15 pendamping kontingen Dulongmas Kabupaten Pekalongan, dilepas oleh bupati di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (20/8) kemarin.

“Saya sangat yakin dari 68 atlet yang kami kirim bisa memberikan kontribusi dengan memberikan 10 medali emas, 13 medali perak, dan 15 perunggu,” kata Suriyan optimistis.

Suriyan juga mengatakan bahwa mengikuti Porwil Dulongmas merupakan salah satu program kerja KONI Kabupaten Pekalongan, yang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya.

“Keikutsertaan atlet KONI Kabupaten Pekalongan di Porwil Dulongmas, merupakan tolok ukur prestasi dalam rangka persiapan di tingkat Propinsi Jateng. Harapannya, dapat menjadi momentum untuk membawa nama baik Kabupaten Pekalongan,” kata Suriyan.

Sementara itu, Bupati Amat berharap olahraga dapat menjadi modal pembentukan karakter bangsa dan inspirasi dalam kehidupan. Dan untuk menbentuk atlet yang baik dan profesional, perlu adanya pembinaan berjenjang dan terus menerus dilakukan perbaikan pembinaan. Terutama terhadap bibit atlet yang potensial di Kabupaten Pekalongan. “Ke depan kita memiliki banyak atlet profesional, sehingga semakin banyak cabang olah raga yang bisa diikutkan dalam Porwil Dulongmas,“ tutur Antono.

Bupati juga berharap kepada para atlet agar bersungguh-sungguh dalam bertanding, karena mereka dikirim bukan sekedar berpartisipasi, tetapi harus berprestasi. “Berjuanglah seoptimal mungkin. Jangan pernah ragu dalam setiap pertarungan, karena saya yakin saudara sama dengan atlet lain dan bisa membawa nama baik Kabupaten Pekalongan,” tegas Bupati Antono.

Sementara itu, Kota Pekalongan mengirimkan 224 atlet dan 64 official resmi yang dilepas oleh Plt Wali Kota Pekalongan, Dwi Arie Putranto, di halaman Setda Kompleks Pemkot Pekalongan, Kamis (20/8) kemarin.

PLt Walikota Pekalongan Dwi Arie Putranto mengungkapkan pemkot berharap tahun ini Kota Pekalongan bisa masuk tiga besar, dalam ajang lima tahunan yang digelar untuk tiga karesidenan Kedu, Pekalongan dan Banyumas tersebut.

“Kami berharap, bisa masuk minimal tiga besar dalam ajang lima tahunan ini. Targetnya harus tinggi yakni masuk 3 besar, walaupun KONI cuma menargetkan naik satu strip dari 6 besar ke 5 besar,” ucap Dwi Arie pasca apel pelepasan.

Dwi berharap, ajang kali ini bisa dijadikan ajang evaluasi menuju event yang lebih besar yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). “Dengan ikut ajang ini, berarti sudah separuh dalam ajang Porprov. Karena Dulongmas, wilayahnya separuh Jawa Tengah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI, Ricsa Mangkulla menyatakan bahwa kontingen harus meraih minimal 23 emas, 23 perak, dan 20 perunggu demi mencapai target lima besar. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Pekalongan yang terus mendukung olahraga, sehingga bisa naik tingkat. Mohon doa kepada masyarakat agar seluruh atlet KONI Kota Pekalongan dapat berprestasi dengan meraih prestasi terbaiknya di Dulongmas tahun 2015 ini,” ucap Ricsa.

Diungkapkan juga, dalam Dulongmas tahun ini, jumlah cabor bertambah dua kali lipat dari jumlah awal yaitu 15 cabor menjadi 31 cabor. Walapun Kota Pekalongan hanya 26 cabor yang akan diikuti. “Semoga kami bisa meraih prestasi setinggi-tingginya dalam kejuaraan kali ini,” tandasnya. (thd/han/ida)