BERKEMBANG PESAT: Sembilan bank umum syariah dan 7 unit usaha syariah dan Pegadaian Syariah tahun ini kembali menggelar event iB Vaganza di Mall Ciputra Semarang yang berlangsung dari tanggal 20 - 23 Agustus. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)
BERKEMBANG PESAT: Sembilan bank umum syariah dan 7 unit usaha syariah dan Pegadaian Syariah tahun ini kembali menggelar event iB Vaganza di Mall Ciputra Semarang yang berlangsung dari tanggal 20 – 23 Agustus. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Kondisi perekonomian yang melambat di awal tahun ini, tampaknya berdampak pada perkembangan bank syariah. Hal tersebut terlihat dari aset bank syariah di Indonesia yang tercatat minus 1,6 persen pada lima bulan pertama tahun 2015.

Santoso Wibowo Kepala OJK Regional 4 Jateng dan DIY di sela acara pembukaan event iB Vaganza di Mall Ciputra mengungkapkan, dari keseluruhan aset perbankan diharapkan bank syariah bisa menguasai market share hingga 5 persen. Namun target tersebut belum tercapai mengingat market share bank syariah secara Nasional hingga saat ini baru 4,7 persen. “Meski demikian khusus untuk Jawa Tengah, market share bank syariah ada di atas 6 persen dari total aset perbankan yang ada,” ungkap Santosa.

Sebagai salah satu upaya pencapaian target market share, 9 bank umum syariah dan 7 unit usaha syariah diantaranya Bank Bukopin Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Sinarmas Syariah, Bank Muamalat, Bank Jateng Syariah, BII Syariah, BTN Syariah, BCA Syariah, BTPN Syariah, Permata Bank Syariah, OCBC NISP Syariah, BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah, Panin Bank Syariah, BNI Syariah, dan Pegadaian Syariah tahun ini kembali menggelar event iB Vaganza di Mall Ciputra Semarang yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 Agustus mendatang. “Pada iB Vaganza 2015 di Semarang, kami menargetkan ada penambahan nasabah bank syariah baru hingga 10.000. Sedangkan untuk event serupa yang digelar pada tahun 2013 lalu, kami berhasil menambah nasabah baru sebanyak 5.600 nasabah,” terangnya.

Direktur Bisnis Bank Syariah Bukopin Aris Wahyudi menambahkan, expo kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara, di antaranya talkshow edukasi dan sosialisasi produk dan layanan keuangan syariah dengan narasumber dari OJK, pelaku industri jasa keuangan syariah dan akademisi. Acara lainnya adalah penyerahan CSR perbankan syariah, aneka lomba (iBBest Talent, mewarnai, fashion show anak, hadrah, daniB idol), hiburan, aneka permainan, dan pembagian doorprize harian, yaitu tiket pesawat, sepeda, voucher menginap di hotel, smartphone dan voucher belanja.

“Besok pagi kami juga akan menggelar workshop perbankan syariah kepada guru dan tenaga pelajar di Hotel Ciputra Semarang. Hal ini sebagai upaya program literasi dan edukasi keuangan syariah yang dipandang perlu dibudayakan mulai dari lingkungan sekolah,” jelas Aris. Selain itu, pada kesempatan pembukaan iB Vaganza kemarin, juga dilakukan penyerahan Tabungan Simpanan Pelajar Syariah (SimPel iB) ke beberapa siswa perwakilan sekolah. (eny/smu)