Boyband CJR Dukung ISC

1118
DUKUNG ISC: Tiga personel CJR yang hadir saat launching Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 di Bumi Perkemahan Yonkav 8/ Tank, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. (DOK. JAWA POS)
DUKUNG ISC: Tiga personel CJR yang hadir saat launching Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 di Bumi Perkemahan Yonkav 8/ Tank, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. (DOK. JAWA POS)

CJR, boyband cilik paling digemari di Indonesia tampil di hadapan ribuan Pramuka bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke-54 pada 14 Agustus lalu. CJR memeriahkan gelaran launching Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 di Bumi Perkemahan Yonkav 8/ Tank, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Peluncuran ISC itu sekaligus menutup final East Java Scouts Challenge 2K15.

Digawangi Iqbal, Aldi dan Kiki, CJR akan tampil menghibur 2000 Pramuka Penggalang Ramu terbaik dari seluruh Jawa Timur. Meski Pramuka bukan hal baru bagi mereka, namun tampil live dihadapan ribuan Pramuka menjadi pengalaman pertama bagi CJR.

Iqbal menuturkan, menjadi Pramuka adalah hal yang paling menyenangkan. Pramuka bisa mendekatkan dirinya dengan alam. “Saya ikut Pramuka waktu SD juga, melihat teman-teman bersemangat seperti ini, kami ikut bersemangat juga,” ujarnya.

Menanggapi soal Indonesia Scouts Challenge yang akan digelar, Kiki menyambut gembira acara itu. “Keren banget. ISC itu bisa membuat gerakan Pramuka semakin keren,” kata Kiki.

Lebih lanjut dikatakan, Indonesia Scouts Challenge (ISC) merupakan aktivitas seru berkemah dan berkompetisi memperebutkan gelar juara nasional, serta mengejar impian terbang ke Amerika. Berbagai kegiatan menyenangkan dikemas secara modern dan menghibur menggunakan metode kepramukaan sebagai landasan. Diikuti oleh pelajar kelas empat dan lima Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Usia maksimal peserta adalah 12 tahun pada tahun ajaran 2015/2016.

Rencananya, ISC akan digelar di 7 provinsi, yakni Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Total jutaan Penggalang akan terlibat dalam gelaran hasil kerja sama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Jawa Pos Group itu. ISC akan mulai bergulir akhir 2015.

Namun sebelum ISC bergulir, Jawa Timur terlebih dahulu menjadi pelopor perkemahan terbesar itu. Kwarda Jatim bekerja sama dengan Jawa Pos Group menggulirkan East Java Scouts Challenge yang dimulai sejak Februari lalu. 200 ribu peserta dari seluruh Jawa Timur ikut ambil bagian. Ini merupakan perkemahan terbesar dan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Babak final diikuti 2000 Pramuka Penggalang Ramu terbaik dari seluruh Jawa Timur. Mereka terlebih dahulu melalui seleksi yang ketat dari kabupaten/ kota masing-masing. 38 kabupaten/kota di Jatim mengirimkan enam regu (tiga putra, tiga putri) yang masing-masing terdiri dari 10 orang Pramuka. Berbagai tantangan diikuti untuk memperebutkan tiket ke Amerika bagi satu regu putra dan satu regu putri terbaik. Tantangan yang harus dilalui Pramuka-Pramuka cilik di final antara lain, Tent Challenge, Desain Perangko, Kreasi Ikatan Tongkat, Cooking Challenge, Golden Scout Challenge, Fun Games, dan Treasure Hunt. (tor/aro)