GUGUS DEPAN: Puluhan warga binaaan Lapas Kedungpane saat mengikuti pembentukan Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka dengan nomor 07.131 di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas 1 Kedungpane, Semarang. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GUGUS DEPAN: Puluhan warga binaaan Lapas Kedungpane saat mengikuti pembentukan Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka dengan nomor 07.131 di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas 1 Kedungpane, Semarang. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KEDUNGPANE – Gugus Depan (Gudep) gerakan Pramuka dengan nomor 07.131 berhasil terbentuk di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas 1 Kedungpane, Semarang, Rabu, (12/8). Sekitar 50 warga binaan lapas yang tergabung dalam kegiatan tersebut. Hal itu menjadi kado terindah menjelang peranyaan Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus 2015.

Ketua Pembina Gugus Depan sekaligus Kepala Lapas Kelas 1 Kedungpane, Semarang, Tedja Sukmana, dalam sambutannya mengatakan, pembentukan gugus depan gerakan pramuka merupakan salah satu langkah Lapas Kedungpane dalam melengkapi kegiatan pembinaan kepada penghuni lapas. Menurutnya, hal ini akan semakin menambah muatan pembinaan serta dapat dijadikan sebagai salah satu pendongkrak nilai warga binaan untuk mendapatkan hak-haknya secara pasti. ”Kami merasa senang dapat membentuk gugus depan di lapas ini. Karena bisa menambah muatan pembinaan dan barangkali bisa menjadi salah satu poin untuk mendongkrak nilai warga binaan,” kata Tedja.

Tedja mengatakan kegiatan pramuka ini merupakan pembinaan yang bersifat pribadi. Karena selama ini belum ada dasar yang kuat di dalam lapas untuk menggelar kegiatan pramuka. ”Saya berharap dengan adanya pengesahan dari Kwarcab Kota Semarang, dapat melandasi kegiatan pramuka yang memang sejak dulu sudah ada di dalam lapas. Selain itu, dengan dasar hukum yang jelas, kami bisa mengajak warga binaan dengan langkah pasti,” ungkapnya.

Menurut Tedja, apabila ada kegiatan pramuka di luar lapas, masyarakat bisa melihat secara langsung, dan mengetahui bahwa warga binaan dapat mengubah diri mereka menjadi lebih baik.

Selanjutnya, Wakil Ketua Bina Warga Kwarcab Kota Semarang, Bambang Sukono mengatakan, dengan adanya sinergi yang kuat antara Lapas Kedungpane dengan Lembaga Pramuka, maka akan dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi warga binaan di Lapas Kedungpane. ”Kami harap, majelis Gugus Depan ini nantinya dapat membimbing masyarakat lapas dengan bantuan secara moral. Selain itu, dapat juga mempersiapkan lapas untuk mengikuti jambore pramuka nasional yang setiap tahun digelar,” katanya.

Selain itu, Bambang berharap agar ke depan makin banyak kegiatan yang digelar oleh gugus depan Kedungpane dan makin banyak warga binaan yang mau mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. ”Harapannya warga penghuni lapas bisa menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupannya,” harapnya. (jks/zal/ce1)