UNGARAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang akan mengumumkan hasil penelitian perbaikan persyaratan pencalonan dan syarat calon di Sekretariat KPU Kabupaten Semarang Jalan A Yani No 6 Ungaran pada Jumat (14/8) mendatang. Sehingga masyarakat dapat mengecek dan mengajukan gugatan jika ada persyaratan pencalonan maupun syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Semarang yang telah disahkan KPU disinyalir ada kejanggalan.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan, persyaratan pencalonan dan syarat calon yang diteliti adalah perbaikan persyaratan yang dilakukan masing-masing tim penghubung pasangan calon (paslon) pada 4-7 Agustus. Penelitian itu dilakukan mulai 8-14 Agustus 2015. Hasil penelitian perbaikan persyaratan pencalonan akan disahkan oleh KPU pada 14 Agustus 2015. Selanjutnya hasil penelitian yang sah tersebut akan diumumkan di Sekretariat KPU.

“Sebelum paslon ditetapkan, ada waktu 10 hari bagi masyarakat untuk mengoreksi persyaratan masing-masing paslon. Kalau masyarakat melihat ada kejanggalan atau persyaratan kurang pas, masyarakat dapat mengajukan gugatan,” ungkapnya, Selasa (11/8).

Lebih lanjut Guntur mengatakan, gugatan tersebut telah diatur dalam Peraturan KPU No 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. “Paslon resmi ditetapkan KPU 24 Agustus, setelah itu masyarakat masih punya ruang untuk mengoreksi persyaratan calon,” katanya. (tyo/aro)