ULANG TAHUN STI : Bupati Semarang, Mundjirin memberikan sambutan di hadapan ratusan anggota Senam Tera Indonesia (STI) dalam peringatan HUT STI Kabupaten Semarang di pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, kemarin. (PRISTYONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
ULANG TAHUN STI : Bupati Semarang, Mundjirin memberikan sambutan di hadapan ratusan anggota Senam Tera Indonesia (STI) dalam peringatan HUT STI Kabupaten Semarang di pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, kemarin. (PRISTYONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

UNGARAN-Ratusan anggota Senam Tera Indonesia (STI) Kabupaten Semarang menggelar senam, bakti sosial dan halal bil halal di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Semarang, kemarin. Senam yang digelar untuk memperingati HUT STI tersebut, sekaligus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Panitia HUT STI, Warjito mengatakan bahwa rangkaian kegiatan senam dan bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT STI Kabupaten Semarang yang jatuh pada 16 Juni 2015. Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian sosial STI untuk menjalin kekerabatan antaranggota.

“Tujuan utama kami adalah memasyarakatkan olahraga senam. Sebab olahraga ini murah dan mudah dilaksanakan. Sehingga masyarakat yang sehat akan mudah menuju kesejahteraan,” kata warjito.

Ketua DPC STI Kabupaten Semarang, Udji Iryanto mengatakan bahwa STI sebenarnya sudah lama ada di Indonesia termasuk di Kabupaten Semarang. Namun kepengurusan STI Kabupaten Semarang baru terbentuk setahun lalu. Anggota STI Kabupaten Semarang saat ini ada ratusan yang terdiri atas semua lapisan masyarakat baik tua dan muda.

Selain itu, kegiatan bakti sosial dan silahturahmi antaranggota STI ini, kata Udji, sebagai salah satu upaya memasyarakatkan olahraga STI yang memiliki gerakan lembut dan ringan.

“STI juga digunakan sebagai olahraga wajib di Lemhanas. Saat ini, kami berupaya memasyarakatkan STI. Tujuannya agar masyarakat gemar berolahraga sehingga kesehatan jasmani dan rohani dapat terwujud untuk mencapai kesejahteraan. STI ini mudah dilakukan karena gerakannya ringan dan lembut seperti Taichi,” kata Udji.

Bupati Semarang, Mundjirin yang hadir dalam peringatan HUT STI tersebut berpesan agar tali silahturahmi antaranggota STI, termasuk dengan masyarakat harus selalu dijaga. Termasuk ketika menghadapi Pilkada, jangan sampai mudah terhasut oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Dengan begitu suasana di Kabupaten Semarang selalu aman dan tentram. Dengan berolahraga masyarakat juga jadi sehat,” kata Mundjirin. (tyo/bis/ida)