KETAT: Salah satu partai final pencak silat Popda SMA Jateng, kemarin di Jatidiri. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
KETAT: Salah satu partai final pencak silat Popda SMA Jateng, kemarin di Jatidiri. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tim silat Kota Semarang meraih satu medali emas, dua perak dan dua perunggu dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SMA Jateng 2015. Padahal pada final yang berlangsung di Lapangan Tennis Indoor Jatidiri, Rabu (5/8) kemarin, Kota Semarang menampilkan tiga pesilat.

Medali emas dipersembahkan oleh Dandi Riyas Samitha setelah menang dari Barod Manggala (Wonosobo) di kelas C putra. Sementara Danar Rino gagal setelah kalah dari Muh Hafids Bahtiar (Boyolali) di kelas B putra dan Bagus Pribadi harus mengakui ketangguhan Sony (Kudus) di kelas A putra.

Sekum IPSI Kota Semarang Siswoyo Haris menyatakan, dari awal tak menargetkan muluk-muluk di Popda tahun ini karena persaingan yang ketat. ”Hasil ini sangat kami disyukuri karena dalam beberapa Popda SMA lalu, harus diakui Kota Semarang sulit bersaing,” tutur Siswoyo.

Di cabor senam, kontingen Kabupaten Brebes berhasil menjadi yang terbaik dengan meraih 9 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu. Di tempat kedua dihuni oleh Kota Semarang yang berhasil meraih 5 emas dan 2 perak.

Secara keseluruham, hingga sore kemarin, perolehan medali sementara di puncak masih dihuni oleh kontingen Kota Semarang dengan raihan 14 emas, 13 perak dan 8 perunggu. Disusul kontingen Kabupaten Brebes dengan raihan 9 emas, 3 perak dan 4 perunggu. Kemudian Kabupaten Sragen dengan 9 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Popda tingkat SMA tahun 2015 sendiri telah resmi digeber pada tanggal 3 Juli 2015 kemarin hingga Jumat (7/8), diikuti 35 Kabupaten/Kota se-Jateng. ”Popda sebagai ajang silaturahmi antar pelajar se-Jawa Tengah, juga menekankan raihan prestasi yang tinggi agar dapat dijadikan tolok ukur serta gambaran provinsi Jawa Tengah pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2015 yang akan dilaksanakan bulan September di Bandung,” kata Plh Asisten Kesejahteraan Rakyat/Asisten III Pemprov Jateng, Joko Sutrisno. (bas/smu/ce1)