TENANG: Incumbent calon bupati Kendal Widya Kandi Susanti nanpak percaya diri dan siap menjalani tes kesehatan di RSUD dr Soewondo Kendal. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
TENANG: Incumbent calon bupati Kendal Widya Kandi Susanti nanpak percaya diri dan siap menjalani tes kesehatan di RSUD dr Soewondo Kendal. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Widya Kandi Susanti dan Much Hilmi Dimyati, kemarin menjalani tes kesehatan di RSUD dr Soewondo . Pasangan yang diusung dari koalisi PDIP, PKB, dan Nasdem ini datang kali pertama sekitar pukul 07.30 dan langsung mendaftar untuk menjalani pemeriksaan.

Widya nampak tenang saat berjalan menuju ruang pemeriksaan di Ruang Cempaka, sementara dibelakangnya Much Hilmi pun tak kalah santai dan ditemani oleh beberapa simpatisannya. Dalam agenda tes kesehatan ini juga dihadiri oleh Panwas Kabupaten Kendal, serta diamankan sejumlah petugas dari Polres Kendal.

Ketua KPUD Kabupaten Kendal, Wahidin Said mengatakan KPU menujuk RSUD dr Soewondo sebagai penyelagara tes kesehatan yang rencanya akan diselanggarakan dua hari pada Rabu (29/7) dan Kamis (30/7) besok, dengan dokter spesialis yang dipimpin oleh dr Rocmat untuk memeriksa para pasangan calon yang lolos. “ Kemungkinan hanya selesai satu hari dari rencanya dua hari, kedua pasangan calon akan menjalani tes fisik yakni penyakit dalam, syaraf, mata dan THT. Selain itu dilakukan juga pemeriksaan lab dan pengambilan foto thorax, TTV dan ECG,” katanya.

Selain itu kedua pasangan calon juga akan melaksanakan uji pemeriksaan kejiwaan tertulis tertulis atau MMPI (The Minnesota Multiphasic Personality Inventory). Dalam tes tertulis ini, paslon harus mengerjakan 560 pertanyaan dalam waktu dua jam. “ jika salah satu pasangan terindikasi mengalami gangguan jiwa akan dicoret,” tambahnya.

Ketua Panitia Pemeriksaan Pasangan Cabup-Cawabup Pilkada Kendal 2015 dr Rokhmat menambahkan jika hasil pemeriksaan rencananya akan diserahkan ke KPUD Kendal pada 31 Juli mendatang. “ Sebelum ikut tes, kami meminta persetujuan pasangan calon yang berisi hasil resume akan diserahkan ke pihak KPUD Kendal untuk kepentingan proses pilkada,” katanya.

Calon Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti menuturkan jika semua tes kesehatan berjalan dengan lancar, begitu pula dengan Much Hilmi. “ Kami berdua sudah menjalani tes kesehatan lengkap, seperti darah, urine, THT, syaraf dan lainnya. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar tanpa halangan sedikitpun,” katanya.

Widya menambahkan, dalam proses psikotes dan wawancara untuk pilkada tahun ini terbilang cukup mudah dibandingkan pilkada tahun lalu. Selain lebih simple, sebanyak 560 pertanyaan yang ada pun bisa dijawab dengan baik. “ Test tahun ini relatif mudah dan lebih simple, ngga ada test untuk menggambar atau melengkapi gambar seperti tahun lalu,” tambahnya. (den/bud/fth)