Muhammadiyah Jateng Lepas 312 HW ke Makasar

183
DUTA JATENG: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Ketua PW Muhammadiyah Jateng Musman Tholib saat melepas kontingen HW Muhammadiyah Jateng di halaman Gubernuran Jalan Pahlawan Semarang. (AHMAD FAISHOL/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DUTA JATENG: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Ketua PW Muhammadiyah Jateng Musman Tholib saat melepas kontingen HW Muhammadiyah Jateng di halaman Gubernuran Jalan Pahlawan Semarang. (AHMAD FAISHOL/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Sebanyak 312 personel Gerakan Kepanduan Hisbul Wathan (HW) Muhammadiyah Jawa Tengah diberangkatkan untuk mengikuti Jambore ke-3 dan Muktamar ke-47 Muhamadiyah dan Aisiyah yang diselenggarakan di Makasar pada 3-7 Agustus 2015 mendatang. Pemberangkatan sendiri dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, kemarin.

Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jateng Musman Tholib usai acara pelepasan menjelaskan, pemberangkatan kontingen HW dari Jateng ini merupakan kali ketiga yang dilakukan PW Muhammadiyah Jateng setelah sebelumnya mengikuti Jambore di Malang dan Jogjakarta. ”Kontingen ini akan berangkat menggunakan kapal laut melalui pelabuhan Surabaya,” terangnya.

Di sana, lanjut Musman, mereka akan menampilkan berbagai kelebihan yang unik bersama dengan seluruh kontingen dari berbagai wilayah di Indonesia. Di antaranya pameran seni dan budaya, makanan khas daerah, serta berbagai keunggulan yang dimiliki masing-masing daerah. ”Anggota kami bahkan ada yang men-dalang dan nembang lagu Jawa,” imbuhnya.

Musman menambahkan, dalam kegiatan ini Muhammadiyah mengusung tema gerakan pencerahan menuju Indonesia Berkemajuan. Menurutnya, dalam memahami Islam harus maju sehingga dapat memberi manfaat kepada masyarakat. ”Tentunya juga harus mengedepankan persaudaraan,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyambut baik gerakan kultural yang diusung salah satu organisasi Islam tertua di Indonesia itu. Bahkan ia secara khusus meminta para kontingen yang menjadi duta Jawa Tengah itu untuk mengenalkan tentang hal-hal yang baik dari Jawa Tengah. ”Tunjukkan bahwa orang Jawa Tengah ramah, sopan, dan tentunya memiliki potensi luar biasa yang tidak kalah dengan provinsi-provinsi lainnya,” pungkasnya. (fai/zal/ce1)