Pameran Angkat Potensi Lokal

169

SALATIGA – Balai Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja (BPPTK) Dinakertransduk Provinsi Jateng bekerjasama dengan Dinsosnakertrans Kota Salatiga menggelar pameran UMKM atau Wira Usaha Baru yang ada di Kota Salatiga. Pameran ini dilaksanakan di halaman Mall Ramayana Salatiga selama 5 hari dari Senin hingga Jumat (27-31/7).

Setidaknya ada sebanyak 11 UMKM dari Kota Salatiga terdaftar sebagai peserta pameran ini. Mereka antara lain Zensy Famous (konveksi), Lilis Abdels (konveksi), Garnetta (makanan kecil), Karunia (konveksi), Mubarok (konveksi), N&N (aneka kue), Ekha Sari Rasa (aneka snack), Endang Suwatni (bantal), Laili (kopi salak dan cilok isi), Setyowati (kerajinan tas resleting) dan Arfa (mainan edukasi).

Kasi Pemasaran BPPTK M. Subianto mengatakan, pameran merupakan program terintegrasi di 35 Kabupaten dan Kota di seluruh Jawa Tengah untuk meningkatkan produktivitas komunitas UMKM. “Kegiatan ini mendukung program Gubernur Jawa Tengah untuk menanggulangi kemiskinan dan mengurangi pengangguran,” katanya, kemarin.

Sebelum para pelaku UMKM menggelar pameran, terlebih dahulu mereka dibekali dengan berbagai pelatihan penunjang seperti pelatihan wira usaha, pelatihan pembukuan dan pelatihan pemasaran. Salah satu peserta, Setyowati mengaku sangat senang bisa mengikuti pameran UMKM ini. Pameran seperti ini memberikan wadah baginya dan para pelaku UMKM lainnya untuk memasarkan dan mengembangkan produk mereka.(sas/fth)