Gairahkan Kepramukaan Indonesia

431
MENYENANGKAN: Kegiatan Indonesia Scout Challenge 2015-2016  bisa menggairahkan kegiatan kepramukaan di Indonesia. (DOK. KWARDA GERAKAN PRAMUKA JATENG)
MENYENANGKAN: Kegiatan Indonesia Scout Challenge 2015-2016 bisa menggairahkan kegiatan kepramukaan di Indonesia. (DOK. KWARDA GERAKAN PRAMUKA JATENG)

SEMARANG – Gelaran Indonesia Scout Challenge 2015-2016 yang sebentar lagi dihelat Jawa Pos Group bersama Kwarda Gerakan Pramuka Jateng dipastikan akan berlangsung meriah. Sebab, selain ditunggu oleh anak-anak yang notabene adalah calon peserta, ternyata juga ditunggu oleh para orang tua.

Seperti yang dirasakan oleh Luhur Pambudi, orang tua dari Meitasya Naila Putri, siswi kelas IV SD Lamper Kidul 02 Sompok Semarang. Berdasarkan informasi yang ia terima, kegiatan tersebut sangat luar biasa, karena di dalamnya terdapat berbagai kegiatan yang menarik terutama buat anak-anak.

“Saya melihatnya seperti yang ada di Jawa Timur. Waktunya tidak panjang sehingga anak-anak tidak kesel. Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai permainan yang menyenangkan,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Atas hal tersebut, lanjut Luhur, ia mengaku langsung memberitahukan kepada buah hatinya. Ternyata, harapan Luhur tidak bertepuk sebelah tangan. Sang anak langsung tertarik dan berjanji akan mengajak teman-temannya untuk ikut. “Saking senengnya, bahkan sudah disebutkan nama-nama mereka untuk bergabung,” katanya.

Yang paling membuat Luhur tertarik dengan gelaran ISC adalah selain untuk menggali kreativitas anak, juga menumbuhkan jiwa kompetisi. Sebab, dilaksanakan secara berjenjang dengan memperebutkan hadiah utama berangkat ke Amerika.

“Melihat hal tersebut, rasanya uang pendaftaran Rp 100 ribu sangat murah,” ujar pria yang tinggal di Jalan Nangka III No 8 Lamper Kidul Semarang itu.

Luhur menyadari, memang ada sebagian yang merasa kurang mampu. Namun jika kemudian mendapat dukungan dari orang tua, pihak sekolah maupun pemerintah maka pelaksanaan ISC ke depannya dapat dirasakan besar manfaatnya.

“Belum lagi, dengan mengikuti kegiatan ISC dapat menjadi nilai tambah bagi prestasi siswa sehingga menjadi kredit poin ketika hendak melanjutkan studi lanjut ke jenjang yang lebih atas,” terangnya optimistis kegiatan ini mampu menggairahkan kepramukaan Indonesia.

Sebelumnya, Roky Maghbal selaku Person in Charge (PIC) dari Jawa Pos Group mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi di 35 kabupaten/kota di Jateng. Hasilnya, cukup mengejutkan karena respons mereka sangat positif. “Maka dari itu, pendaftaran yang semula direncanakan dibuka Agustus kami majukan pada Juli,” terangnya.

Untuk tempat pendaftaran, lanjut Roky, dapat dilakukan di masing-masing Kwartir Cabang (Kwarcab) yang ada di kabupaten/kota di Jateng. Selain itu, juga dapat dilakukan di seluruh kantor Jawa Pos Group yang ada di Jateng.

“Selain membuka pendaftaran di dua tempat tersebut, kami juga ada tim kami yang bertugas collect (mengumpulkan) pendaftaran di masing-masing SD maupun MI. Hal ini tentu untuk memudahkan mereka dalam mendaftar,” katanya. Untuk informasi selengkapnya tentang event ISC ini bisa membuka di website www.radarsemarang.com. (fai/aro)