SEMARANG – Sebanyak 1.715 peserta dipastikan akan mengikuti kegiatan Jambore Daerah (Jamda) XIV yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Candra Birawa Karanggeneng Kota Semarang pada 1-6 Agustus 2015 mendatang. Mereka terdiri atas para perwakilan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Staf Bina Muda Kwarda Jateng Yitno menjelaskan, masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 49 orang yang terdiri atas 20 peserta putra, 20 peserta putri, 4 pendamping, 4 pendukung, dan 1 pimpinan kontingen (pinkon). ”Jadi khusus untuk peserta totalnya 1.400 orang,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, lanjut Yitno, jumlah tenda yang disediakan untuk peserta berjumlah 140 buah. Sebab, masing-masing kontingen terdiri atas empat regu dengan rincian dua regu putri dan dua regu putra. ”Mereka akan mengikuti total kegiatan sebanyak 35 macam plus 7 cabang kegiatan yang dilombakan,” terangnya.

Di antara jenis lomba yang bakal diikuti oleh masing-masing peserta adalah lomba K3 perkemahan, ketoprak humor, olimpiade penggalang cerdas, story telling, penjelajahan, poster pramuka peduli, dan pioneering. ”Di luar itu, juga ada kegiatan di luar yakni pendakian gunung Ungaran, camp craft di Semarang, dan wisata ke Goa Kreo Semarang,” imbuh Yitno.

Dia menambahkan, acara tersebut nantinya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) pada Sabtu (1/8) pukul 13.00 WIB bertempat di Lapangan Upacara Bumi Perkemahan Candra Birawa (lahan 2). Sementara penutupan dipimpin oleh Ketua Kwarda Jateng Prof Dr Ir S Budi Prayitno, MSc di tempat yang sama.

”Selain dihadiri oleh para Bupati/Wali Kota se-Jawa Tengah, hadir pula para pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Provinsi Jateng. Kemungkinan pula dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional (Adhyaksa Dault),” pungkasnya. (fai/ric/ce1)