SEMARANG – Tiga atlet dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Tengah dipanggil untuk masuk dalam skuad Indonesia yang disiapkan tampil di Kejuaraan Sepak Bola Pelajar Asia yang akan berlangsung 30 Agustus – 9 September 2015 mendatang di Baotou, Tiongkok.

Ketiga pemain tersebut adalah Wachid Abdurachman yang berposisi di bek kanan, Ricky Junian (bek kiri) dan Ferdian Wahyu (tengah). Selain tiga atlet dari PPLP Jateng tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI juga memanggil 27 pemain lain. Mereka berasal dari SKO Ragunan, PPLP Maluku, PPLP Maluku Utara, PPLP Sumatera Utara, PPLP Aceh, PPLP Sumatera Barat dan PSS Sleman. Ke-30 atlet pelajar ini selanjutnya akan menjalani pemusatan latihan (TC) pada 30 Juli–29 Agustus di Sentul, Bogor dengan pelatih Bambang Warsito dari SKO Ragunan.

Kabid Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Effendi Hari MC mengatakan, pemanggilan ketiga pemain tersebut adalah bukti bahwa atlet asal Jawa Tengah cukup diperhitungkan. Selain itu, gemblengan di PPLP Jawa Tengah juga dirasakan cukup membuahkan hasil. ”Sebagian besar atlet yang dipanggil adalah atlet yang tampil bagus dalam kejurnas antar-PPLP 2015 di Bangka Belitung yang lalu di mana Jateng tampil sebagai runner-up. Ditambah atlet dari SKO Ragunan yang memang menjadi pusat pembinaan atlet pelajar di Indonesia,” tandasnya.

Effendi berharap, ketiga atlet Jateng tersebut mampu menjawab tantangan dengan tampil bagus di kejuaraan Asia. ”Sebisa mungkin jadi pemain inti. Harus bisa memanfaatkan kesempatan langka ini sebaik-baiknya, untuk memperkaya pengalaman,” tegasnya. (smu/ce1)