KPU Jateng Buka Konsultasi

151
Joko Purnomo. (Radar semarang files)
Joko Purnomo. (Radar semarang files)

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyatakan telah memberikan ruang konsultasi rutin khususnya bagi 21 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015. Hal ini menyusul segera dibukanya waktu pendaftaran calon pada 26 Juli 2015 mendatang.

”Kami telah melakukan pengecekan di 21 KPU Kabupaten/Kota. Hasilnya semua menyatakan siap menggelar pendaftaran yang direncanakan dibuka pada 26-28 Juli 2015 mendatang,” ungkap Ketua KPU Jateng Joko Purnomo kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (23/7).

Kendati demikian, lanjut Joko, pihaknya tetap memberikan konsultasi terutama terkait perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) sebagai tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Seperti diketahui, KPU RI telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) No 396 terkait dengan penerimaan dokumen pendaftaran terkait dengan PKPU Nomor 12 Tahun 2015 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. ”SE tersebut mempertegas persoalan teknis pendaftaran,” imbuhnya.

Dia menambahkan, dalam memberikan konsultasi ini tidak hanya kepada pimpinan partai tetapi juga bakal calon. Baik itu yang diusung melalui gabungan partai atau perseorangan (independen). ”Konsultasi ini dikomandani langsung oleh Divisi Pencalonan KPU Jateng Moh Hakim Junaidi,” terang mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri itu.

Di sisi lain, sambung Joko, KPU Kabupaten/Kota melalui PPK, PPS, dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat ini juga sedang melakukan pemutakhiran data pemilih terhitung sejak 15 Juli 2015 yang lalu. Jika diketahui ada masyarakat yang belum didatangi oleh petugas diimbau untuk segera melapor kepada RT atau langsung ke PPS. ”Masyarakat yang telah didata diberi tanda terdaftar sekaligus ditempel stiker di rumahnya,” pungkasnya. (fai/ric/ce1)