Paling Banyak Gunakan Pertamax

181

SEMARANG – Pertamina (Persero) Marketing Operation Reg IV mencatat, selama arus mudik lalu terjadi peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) secara siginifikan. Terutama Pertamax sebayak 54 persen, disusul Pertamax Plus 47 persen, Premium sebesar 36 persen, Pertamina Dex 11 persen sementara Solar justru turun sebesar 16 persen.

“Kami mencatat sejak H-10 hingga H+2 lebaran terjadi peningkatan yang cukup signifikan,” ujar GM Pertamina MOR IV Kusnendar, kemarin (22/7).

Arus balik diprediksikan akan kembali padat pada akhir pekan ini. Maka Pertamina telah menyiapkan strategi dan mekanisme pendistribusian BBM maupun LPG seperti saat menyambut arus mudik.

Pertamina juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengawalan terhadap rangkaian Mobil Tanki BBM (PATWAL Kepolisian) agar tidak terjebak dan terkendala kemacetan lalu lintas serta apabila perlu dilakukan kontra flow. “Saat ini kami telah melaksanakan 2 kali pendistribusian BBM dengan rangkaian mobil tanki BBM yang menggunakan patwal kepolisian untuk menyalurkan ke SPBU terutama di jalur tengah dan selatan yang padat lalu lintas dari titik suplai terminal BBM (TBBM) Maos di Cilacap,” jelasnya.

Sedangkan untuk LPG, Pertamina juga terus memonitor ketersediaan di masyarakat baik melalui lembaga penyalur, Pertamina Contact Center, media social, dan langsung turun ke lapangan. (dna/smu)