Bambang Wuragil. (IST)
Bambang Wuragil. (IST)

SEMARANG – Sebanyak 16 negara dipastikan tampil dalam Kejuaraan 4th FIBA Asia U-16 Championship for Men, yang akan berlangsung di GOR Sahabat dan GOR Sumber Waras (eks Knights Stadium) Semarang, 29 Oktober dan 7 November mendatang. Saat ini persiapan tengah dikebut untuk menyukseskan event internasional tersebut.

Ketua Umum Pengprov Perbasi Jateng Bambang Wuragil menegaskan, pihaknya akan all out menggelar event bergengsi tersebut. ”Ini adalah momen pertama di Jateng dan kompetisi yang prestisius karena diikuti 16 negara di Asia. Kami siap all out untuk menggelar gawe ini,” kata Bambang kemarin.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan langkah untuk mematangkan persiapan. Setelah membentuk panitia, pihaknya segera melakukan audiensi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Noer Ali, berkoordinasi dengan badan imigrasi, kemenpora, PP Perbasi, KONI Jateng, Pemkot Semarang dan pihak sponsor yang mendukung agenda tersebut.

Bambang yang juga ketua panitia menjelaskan, untuk penyelenggaraan Kejuaraan FIBA Asia Bola Basket U-16 putra tersebut akan melibatkan 16 negara. Ke-16 negara tersebut adalah Korsel, Korut, Jepang, Cina, Taiwan, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Arab, Irak, Iran, Qatar, Libanon, India dan Kazakhstan.

Mengingat peserta ada 16 interpreter atau penerjemah dan 32 tenaga Liaison Officer (LO) yang bertugas membantu kebutuhan peserta selama mengikuti kompetisi. ”Kami membutuhkan 16 tenaga penerjemah dan 32 LO untuk membantu 16 tim peserta. Tentu saja yang memahami bahasa dari ke-16 negara peserta. Untuk LO paling tidak bisa bahasa Inggris,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, untuk kebutuhan pertandingan, pihaknya menyiapkan GOR Satria dan Unika sebagai tempat latihan peserta.

Dia mengatakan, Semarang layak sebagai lokasi penyelenggaraan event bertaraf Asia. Bambang berharap event tersebut bisa sukses dengan mampu memancing sponsor dan penonton. ”Pada 2014 lalu, Semarang sukses menggelar SEABA Championship for Women dan U18. Itu pengalaman berharga dan Perbasi Jateng optimistis bisa menyelenggarakan kejuaraan 4th FIBA Asia U16 Championship for Men,” jelasnya.

Dia juga menyebut, bagi insan bola basket Jateng, event tersebut diharapkan bisa memberikan motivasi dan pelajaran tentang teknik bermain bola basket dari berbagai negara. (smu/ce1)