Kreatif, Melukis Dengan Styrofoam

2240
KREATIF: Hari sedang membuat motif dan mewarnai Styrofoam sebagai media melukis dan membuat patung. (PRISTYONO/RADAR SEMARANG)
KREATIF: Hari sedang membuat motif dan mewarnai Styrofoam sebagai media melukis dan membuat patung. (PRISTYONO/RADAR SEMARANG)

UNGARAN – Melukis tidak harus menggunakan media kanvas. Inilah yang sedang ditekuni Hari Utomo, 44, warga Jalan Kaligarang 307, Ungaran, Kabupaten Semarang. Ia melukis dengan menggunakan Styrofoam sebagai media menorehkan karya lukis maupun membuat patung.
Hanya bermodal Styrofoam dan peralatan sederhana, Hari mampu membuat karya-karya yang bagus. Saat ini karya-karyanya banyak menghiasi sejumlah perkantoran, pertokoan dan sejumlah tempat pesta.

Ketika ditemui di rumahnya, Hari sedang mengerjakan pesanan dari PAUD Latifah II, Pusponjolo, Kota Semarang. Hari membuat patung burung dan tanaman serta pemandangan alam. Dengan telaten, Haru mewarnai Styrofoam yang telah dibentuk hingga menyerupai warna asli dari obyek seninya. “Saya hanya lulusan SMA, bukan sarjana seni rupa. Hanya saja saya memang suka melukis. Lalu saya mencoba melukis dengan media Styrofoam, dan ternyata hasilnya lebih bagus,” katanya.

Hari menambahkan, kebolehannya dalam membuat karya seni dari Styrofoam itu didapat secara otodidak. Awalnya dimintai tolong saudaranya untuk membuat dekorasi saat ada acara hajatan, namun bahannya masih menggunakan kertas. Selanjutnya Hari mencoba membuat motif-motif tersebut pada Styrofoam. Kebetulan Hari juga diberi alat pemotong khusus untuk Styrofoam. Sejak saat itu Hari terus belajar melukis dan membuat patung menggunakan Styrofoam.

“Peralatan untuk membuat lukisan maupun patung dari Styrofoam dari saudara saya. Sejak saat itu saya tekuni terus usaha ini hingga banyak pesanan, untuk ulang tahun, hajatan dan event-event tertentu di sekolah, kantor dan pertokoan,” imbuhnya.

Ia tidak mematok harga terlalu mahal. Harga lukisannya berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 1,5 juta, harga tersebut tergantung kerumitan motif dan bentuknya. “Selain itu harganya juga tergantung banyak sedikitnya styrofoamnya. Biasanya saya kerjakan sekitar dua minggu, ya tergantung tingkat kesulitannya juga,” tambahnya. (tyo/fth)