SEMARANG – Persediaan beras Perum Bulog Divre Jawa Tengah hingga pertengahan Juli tahun ini mencapai 183 ribu ton. Jumlah tersebut diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan hingga bulan Desember tahun ini.

”Stok untuk Lebaran aman. Bahkan masih mencukupi hingga 5 bulan mendatang,” ujar Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jateng Arwakhudin Widiarso, kemarin (12/7).

Selain itu, ucapnya, saat ini kami juga masih melakukan penyerapan. Per hari rata-rata penyerapan bisa mencapai antara 5 ribu hingga 6 ribu ton. Sehingga stok masih sangat aman hingga beberapa bulan mendatang.

Pihaknya juga menjamin kualitas beras yang disalurkan, karena merupakan hasil serapan baru. ”Beras yang kami salurkan untuk Lebaran merupakan beras serapan baru,” ujarnya.

Terkait penyaluran, sebagian daerah mulai jelang dan selama Ramadan telah melakukan percepatan penyaluran. Di antaranya Kota Semarang dan Kabupaten Kendal. Dengan adanya percepatan penyaluran ini diharapkan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

”Kami sifatnya menyediakan. Jadi bila ada daerah yang butuh dan ingin melakukan percepatan ya kami sediakan,” ujarnya.
Sementara itu, selama musim mudik, Perum Bulog Divre Jateng juga menyediakan posko-posko mudik di sejumlah titik tertentu. Setidaknya ada lebih dari 10 posko yang didirikan di sejumlah Sub Divre Jawa Tengah.

”Kami utamakan yang berada di Jalur Pantura. Di Sub Tegal ada 6 posko yang kami dirikan di kiri dan kanan jalan. Dengan beberapa fasilitas yang mendukung kenyamanan pemudik, seperti tempat tidur, serta makanan dan minuman gratis,” tandasnya. (dna/zal/ce1)