Hotel Semarang Full House Hingga H+3

178
FOTO: DOKUMENTASI
FOTO: DOKUMENTASI

SEMARANG – Sepanjang libur Lebaran, hotel-hotel di Semarang telah mencapai full house. Tingakat hunian kamar sampai 100 persen ini dimulai sejak H-3 hingga H+3 lebaran. Hal itu dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Semarang Dedy Sumardi.

“Sejak H-7 kemarin, banyak kostumer yang mulai booking via online. Kebanyakan mereka memesan kamar untuk H-3 hingga H+3 lebaran,” ungkapnya ketika dihubungi Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Pihaknya menambahkan, kebanyakan tamu tidak hanya menginap satu malam saja. Terutama bagi pemudik yang tidak mendapatkan tempat tinggal ketika mengunjungi sanudara di Semarang. Meski begitu, ada juga pemudik yang memesan kamar on the spot sebagai tempat istirahat satu malam karena belum sampai tujuan.

Dibandingkan tahun lalu, Dedy mengakui lebih banyak tamu yang menginap di hotel pada lebaran tahun ini. Lifestyle masyarakat mengenai hotel sebagai tempat istirahat dalam jangka waktu lama sudah merambah hingga Semarang.“Buktinya, mereka mulai berebut mencari kamar hotel. Padahal, sepanjang libur Lebaran ini, rata-rata hotel menambah surcharge (kenaikan harga kamar, Red) dari Rp 50 ribu-Rp 200 ribu per malam,” paparnya.

Senada dengan General Manager Hotel Aston Semarang Oji Fahrurrazi. Dia menuturkan, okupansi di Hotel Aston Semarang mulai meningkat sejak H-4 lebaran. Bahkan sejak H-7, Hotel di kawasan Kota Lama ini sudah mendapatkan pesanan hingga 80 persen. “Mulai full house atau kamar penuh sejak H-1. Bookingan juga sudah ada hingga H+4 lebaran. Kebanyakan memang pemesan via onlinekarena memang sekarang gadget sudah dilengkapi aplikasi booking hotel. Jadi lebih menjamin dapat kamar daripada langsung on the spot,” tuturnya. Oji memprediksi, tingkat hunian akan mulai menurutn setelah H+4 dan digantikan dengan naiknya MICE untuk ajang halal bil halal.

Begitu juga dengan Hotel Horison Semarang. Lebaran kali ini, penginapan di bilangan Simpang Lima ini banyak penawaran komplit untuk para pelanggan, mulai dari paket promo kamar, paket untuk food beverage, dan juga paket halal bihalal.

Public Relations Hotel Horison Semarang Devi Prabajati menturkan, tersedia paket open buffet brunch pada 17-18 Juli yang buka mulai pukul 10.00-13.00 WIB. Di promo itu, pengunjung bisa menimmati sajian khas lebaran seperti ketupat, lontong opor, opor ayam, tahu gimbal, dan soto Semarang secara all you can eat hanya dengan Rp 95 ribu.“Kami juga menawarkan tiga pilihan paket halal bil halal. Dari Rp100 ribu-Rp190 ribu dengan minimum order untuk 50 pax,” tegasnya.

Crowne Plaza Semarang tidak mau ketinggalan. Di hari kemenangan ini, mereka menyediakan buffet makan siang dan makan malam istimewa dengan menu- menu pilihan yang dibanderol Rp 119.999 Rp 139.999. “Untuk makan malam, kami akan menghadirkan buffet BBQ istimewa dan menu spesial kambing guling. Sementara menu makan siangnya, kami menyajikan menyediakan buffet dengan menu–menu istimewa khas lebaran,” ungkap Asst Marketing Communication Manager Crowne Plaza Semarang Angelina Josephine. (amh/zal)