Cahyo-Anwar Lolos Verifikasi

143

BOYOLALI – Jalan pasangan calon (paslon) independen Cahyo-Anwar untuk maju pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang terbuka lebar. Mereka lolos verifikasi faktual KPUD Boyolali dengan jumlah dukungan 80.596. Cahyo – Anwar dinyatakan lolos karena telah memenuhi syarat ketentuan 73 ribu dukungan.

Proses verifikasi faktual dilakukan mulai dari tingkat PPS, PPK, dan terakhir diplenokan kemarin. Hasilnya, pasangan calon dinyatakan lolos lantaran sudah memenuhi syarat dukungan. ”Sehingga paslon perseorangan ini dinyatakan lolos dan berhak mendaftar sebagai konstestan Pilkada Boyolali 2015,” terang Ketua KPUD Boyolali Siswadi Saptoharjono.

Sementara dukungan yang gugur untuk paslon independen ini sekitar 5 ribuan lembar. Dukungan tersebut gugur lantaran setelah dilakukan verifikasi faktual ada nama ganda, tidak benar-benar berdomisili, serta ada yang menyatakan tidak mendukung. Siswadi mengatakan, pihaknya akan melanjutkan tahapan berikutnya yakni pendaftaran pilkada, baik oleh parpol, gabungan parpol, maupun paslon perseorangan.

Ketua tim pemenangan paslon independen Sunarno menyambut baik lolosnya verifikasi pendukung Cahyo-Anwar ini. Menurut dia, saat pilkada nanti jumlah suara akan berlipat. Sunarno optimistis sejak awal lolos dari verifikasi faktual.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Boyolali Narko Nugroho mengatakan, pihaknya tidak bisa mempersoalkan hasil pleno KPUD tersebut. Sebab terkendala keterbatasan tidak bisa ikut pengawasan di lapangan saat verifikasi faktual dilakukan. ”Kami memiliki keterbatasan saat pengumpulan data pendukung karena pembentukan PPL terlambat. Bahkan saat proses verifikasi berjalan, kami baru proses seleksi,” jelas dia. (yan/un/jpnn/ric)