Tiap Menit, 70 Kendaraan Masuk Semarang

192
PEMUDIK BERMOTOR: Pemudik yang menggunakan sepeda motor mendominasi Jalur Pantura Semarang, kemarin. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PEMUDIK BERMOTOR: Pemudik yang menggunakan sepeda motor mendominasi Jalur Pantura Semarang, kemarin. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Memasuki H-4 Lebaran, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil mulai memasuki Kota Semarang. Pantauan Jawa Pos Radar Semarang cuaca yang panas, tidak menurunkan jumlah pemudik sepeda motor. Mereka masih mendominasi padatnya arus mudik yang melewati jalur Pantura Semarang.

Menurut data yang dicatat petugas Pos Pengamanan Lebaran Polrestabes Semarang di perbatasan Kendal-Semarang, setiap menitnya tercatat 30 unit kendaraan roda empat yang masuk Kota Semarang. Sementara untuk kendaraan roda dua, tercatat 40 unit kendaraan masuk setiap menitnya.

”Lalu lintas terpantau ramai lancar, saat ini masih didominasi oleh kendaraan roda dua para pemudik,” kata Kaposyan Mudik Polrestabes Semarang di Terminal Mangkang, AKP Joko Hendro.

Ia memprediksi arus lalu lintas akan meningkat pesat pada tiga hari sebelum Lebaran atau H-3 hingga H-1 pada Selasa, Rabu hingga Kamis dengan dominasi kendaraan pribadi pada siang hari, dan bus pada malam harinya.

”Prediksinya akan naik dua kali lipat pada H-3 besok. Untuk malam hari dari pukul 22.00-02.00 dini hari, didominasi oleh bus dengan angka 40 bus per menitnya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala UPTD Terminal Mangkang, Joko Umboro Jati, menjelaskan, arus mudik di Terminal Mangkang pada siang hari memang tidak begitu ramai. Aktivitas mudik meningkat pada malam hari saat bus dari Jakarta tujuan Solo, Semarang dan beberapa kota lain mulai memasuki Semarang. ”Ramainya pemudik pada malam hari, kalau siang memang sepi,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pada H-7 Lebaran, tercatat sebanyak 563 bus masuk ke Terminal Mangkang dengan membawa 17.449 penumpang. Sementara untuk bus yang berangkat atau keluar Semarang tercatat sebanyak 517 unit dengan membawa 14.943 penumpang.

”Pada Minggu (12/7), jumlah pemudik mengalami kenaikan. Untuk kedatangan bus sebanyak 655 unit dengan membawa 18.861 penumpang. Sementara untuk bus yang berangkat sebanyak
630 unit dengan membawa 18.276 penumpang,” jelasnya.

Prediksinya, jumlah bus dan penumpang yang datang ke Semarang akan terus mengalami kenaikan hingga hari H Lebaran nanti.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, mengatakan, dalam mengamankan arus mudik Lebaran tahun ini, pihaknya telah melakukan pantauan di jalur mudik KA sepanjang 40 km dari Stasiun Poncol hingga Stasiun Weleri. ”Ada 705 perlintasan KA di wilayah Daop 4, terdapat 462 titik yangt tidak dijaga,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau, kepada masyarakat yang melintasi perlintasan tanpa palang pintu untuk lebih waspada lantaran traffic lajur kereta api saat Lebaran lebih padat dari biasanya.

”Kami terus melakukan sosialisasi pada masyarakat bahwa sirene, pintu palang, serta petugas hanya alat bantu semata, sehingga masyarakat harus paham dan mematuhi rambu lalu lintas,” tegasnya.

Terkait arus mudik Lebaran di Stasiun Poncol dan Tawang, ia mengatakan jika arus mudik kedatangan penumpang terus mengalami peningkatan. Bahkan tiket KA sudah habis sejak H-10 Lebaran atau per tanggal 7 Juli lalu untuk semua kelas dari eksekutif hingga KA yang mendapatkan subsidi atau PSO.

”Hari ini (kemarin, Red) tercatat 17.417 penumpang turun di wilayah Daop 4. Rinciannya, Stasiun Semarang Poncol ada 4.364 penumpang, Stasiun Semarang Tawang 3.810 penumpang, Stasiun Tegal 3.759 penumpang, Stasiun Pekalongan 1.360 penumpang, dan Stasiun Bojonegoro dengan 1.244 penumpang,” bebernya.

Angkutan Lebaran wilayah Daop 4 tahun ini diprediksi mengalami kenaikan sebesar 2,3 persen menjadi 367.811 orang. Sementara tahun lalu, tercatat sebanyak 359.698 orang. Untuk puncak arus balik Lebaran, lanjut dia, diprediksi akan jatuh pada H+7 atau pada 25 Juli 2015. ”Prediksinya jumlah penumpang sebanyak 25.121 orang. Ada kenaikan dibanding 2014 yang mencatat ada 23,547 penumpang,” katanya. (den/aro/ce1)