PKB Belum Turunkan Rekomendasi

309
SILATURAHMI: Fungsionaris DPP PKB Fathan Subchi (tengah) bersama para kiai dan cabup cawabup dalam silaturahmi alim ulama di gedung IPHI Demak, kemarin. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)
SILATURAHMI: Fungsionaris DPP PKB Fathan Subchi (tengah) bersama para kiai dan cabup cawabup dalam silaturahmi alim ulama di gedung IPHI Demak, kemarin. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)

DEMAK – DPP PKB hingga kini masih menggodok cabup cawabup yang akan diusung dalam pilkada 9 Desember mendatang. Siapa yang akan mendapatkan rekomendasi pada saatnya nanti akan disampaikan sebelum lebaran ini.

Fungsionaris DPP PKB, Fathan Subchi mengatakan, setidaknya ada beberapa nama yang masuk ke DPP PKB sebagaimana hasil musyawarah pimpinan (muspim) DPC PKB Demak sebelumnya. Yaitu, HM Dachirin Said, Edy Sayudi, Mulyani M Noer, KH Musadad Syarif, dan Mustofa Abdul Hadi. “Semua calon ini menjadi kajian antara PKB dengan Nahdlatul Ulama (NU). Ini supaya bisa memenangkan pilkada 2015 ini,”ujar Fathan Subchi. PKB sendiri, kata dia, sejak ada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) juga sempat galau. Menurut Fathan, dirinya memastikan tidak maju dalam pilkada Demak. “Saya tidak maju dalam pilkada. Saya melanjutkan mandat sebagai anggota DPR RI di Senayan. Kita tradisikan dalam melaksanakan tugas ini agar tidak mudah pindah-pindah karena hanya godaan politik,”katanya disela buka bersama dengan kader PKB di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, kemarin.

Ketua DPC PKB Demak, Munhamir menegaskan, berdasarkan penilaian dari DPC terkait dengan proses verifikasi yang dilakukan selama ini menunjukkan bahwa kandidat terkuat untuk maju dalam pilkada melalui PKB adalah HM Dachirin Said (incumbent) dan Edy Sayudi (pengusaha).
Cabup yang diunggulkan itu muncul melalui proses penjaringan sebagaimana yang diperintahkan DPP PKB. Yaitu melalui tahapan pendaftaran hingga muspim yang dilakukan Desk Pilkada DPC PKB Demak. Karena itu, DPC pun kemudian melaporkan hasil muspim tersebut ke DPP PKB untuk dilakukan fit and proper test. Setelah itu, kata dia, dilakukan verifikasi faktual dilapangan untuk menelusuri calon yang terkuat. “Jadi, saya sampaikan bahwa hasil penjaringan tersebut calon yang memiliki posisi kuat adalah HM Dachirin Said dan Edy Sayudi. Dalam survey Pak Dachirin Said tertinggi. Demikian pula Pak Edy Sayudi. Karena itu, kita berharap DPP PKB segera menindaklanjuti . Kita berharap, sebelum lebaran ini rekomendasi dari DPP dapat keluar. Dengan demikian, sosialisasi pasangan calon ke masyarakat bisa segera dilakukan,”kata Munhamir didampingi Sekretaris DPC PKB Demak Nurul Muttaqin.

Cabup Dachirin Said mengatakan, pihaknya siap menjalankan mandat yang diberikan. “Selama saya berbuat yang terbaik, maka masyarakat pun dapat menilainya dengan baik. Ini amanat berat. Saya optimis rekomendasi sudah pasti,”ujarnya.

Ketua DPC PDIP Demak, Fahrudin Bisri Slamet menegaskan, PDIP siap berkoalisi dengan PKB siapapun yang akan diusung dalam pilkada nanti. “Kita siap berkoalisi dengan PKB,” kata Slamet. Hadir dalam acara ini, pengurus DPW PKB Jatengm Hj Ida Nur Sa’adah, ketua D{PC PDIP Demak Fahrudin Bisri Slamet, dan pengurus lainnya, yaitu Sudarno, Sonhaji, dan Faozan. (hib/fth)