Dua Kubu PPP Merapat ke PDIP

146
Tafrikhan Marzuqi. (IST)
Tafrikhan Marzuqi. (IST)

SEMARANG – Setelah lama tidak terdengar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Semarang membuat kejutan. Partai berlambang kakbah tersebut telah memutuskan merapat ke PDIP dalam Pilwalkot 2015 mendatang. ”Ada beberapa pertimbangan kenapa kami memilih merapat ke PDIP pada Pilwalkot Semarang 2015,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPP Kota Semarang Tafrikhan Marzuqi saat acara buka bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di kediamannya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (13/7).

Dia mengatakan, keputusannya merapat ke PDIP, dengan pertimbangan, pertama sesuai kaidah dalam Islam, yakni memelihara dan mempertahankan yang lama yang baik, serta melihat kinerja Hendrar Prihadi yang kembali maju sebagai calon petahana.

Menurutnya, selama ini Hendrar Prihadi sudah menunjukkan banyak lompatan untuk membangun dan memajukan Kota Semarang yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

”Antara lain, pembangunan infrastruktur yang baik, dan sebagainya. Makanya, Mas Hendi harus diberikan kesempatan untuk melakukan secara lebih baik lagi. Pertimbangan kedua, mengulang nostalgia politik melihat sejarah panjang PPP dengan partai politik PDIP terutama pada Pemilihan Umum (Pemilu) 1997 lalu,” kata Ketua DPD PPP Kota Semarang kubu Romahurmuziy ini.

Pihaknya juga menjelasakan, jajaran DPD dan DPC PPP Kota Semarang juga sudah melakukan silaturahmi politik dengan Ketua DPC PDIP Kota Semarang. Sedangkan, mengenai keberadaan dua kubu PPP di kepengurusan tingkat Kota Semarang, perbedaannya hanya pada nomenklatur. ”Dua kubu sepakat mendukung pasangan Hendi-Hevearita Gunaryanti Rahayu,” ujarnya.

Hal sama diungkapkan Ketua DPC PPP Kota Semarang kubu Djan Faridz, M. Yuslam. Dia mengatakan, keputusan bergabung dengan PDIP sudah disepakati sejak Februari 2015 seiring pelaksanaan musyawarah kerja cabang. Sedangkan pada 14 Mei 2015, keputusan merapat ke PDIP ditegaskan kembali bahwa seluruh pengurus DPC beserta massa dengan restu kiai untuk segera berkoalisi dengan PDIP.

”Seminggu setelah itu, kami kumpulkan seluruh pengurus DPC PPP Kota Semarang. Tidak ada kata lain, kecuali berkoalisi dengan PDIP untuk mendukung Mas Hendi pada Pilwalkot 2015. Seluruh pengurus ranting PPP sudah menegaskan bahwa Hendi-Ita sebagai satu-satunya pasangan calon yang didukung,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi dan menyatakan kegembiraannya atas dukungan yang diberikan PPP kepadanya untuk maju pada Pilwalkot Semarang 2015. ”Di luar sana ada yang mengatakan PDIP akan ’dikeroyok’ partai-partai lain, namun PDIP tidak gentar. Apalagi dengan bergabungnya PPP. Kami bersepakat sebagai saudara,” katanya. (mha/aro/ce1)