Sedia 1.500 Paket untuk Warga Desa Hutan

225
MEMBANTU SESAMA: Masyarakat sekitar hutan sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang digelar Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah serentak di Boyolali, Blora dan Kabupaten Pekalongan. (IST)
MEMBANTU SESAMA: Masyarakat sekitar hutan sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang digelar Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah serentak di Boyolali, Blora dan Kabupaten Pekalongan. (IST)

SEMARANG – Pasar murah untuk membantu masyarakat sekitar hutan menyambut Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H/2015 M, dilaksanakan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Pelaksanaannya di tiga Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH).

Yakni, di KPH Telawa, BKPH Krobokan, Desa Ngaren, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali; kedua di KPH Blora, BKPH Nglawungan, Desa Sambirejo Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. Dan ketiga di KPH Pekalongan Timur, BKPH Paninggaran, Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.

Menurut Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Ir SR Slamet Wibowo MM, kegiatan tersebut termasuk rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Kementrian BUMN. Karena itu, Perum Perhutani menjual 1.500 paket berisikan beras, gula, minyak goreng, sirup, mi instan, dan kue kering. Ribuan paket tersebut dibagi di 3 lokasi, sehingga masing-masing lokasi 500 paket dengan harga tiap paket hanya Rp 100.000. Namun dijual kepada masyarakat Desa Hutan Rp 50.000 per paket atau 50 persen dari harga semula.

”Pasar murah ini digelar serentak pada awal Juli 2015 dengan melibatkan Pramuka, Muspika, masyarakat desa hutan dan Perhutani. Dengan harapan, kegiatan pasar murah bisa membantu masyarakat sekitar hutan yang meliputi pesanggem dan penyadap getah pinus,” tuturnya.

Selain pasar murah, imbuhnya, Perhutani Divre Jateng juga mengadakan kegiatan tarawih keliling dengan memberikan tali asih kepada anak-anak panti asuhan Darul Hadlonah di Purwokerto dan Panti Asuhan Rimba Bhakti di Semarang. Selain itu diberikan santunan kepada warga penyadap getah pinus di Purwokerto, Pekalongan, Purworejo, Magelang, dan Surakarta. (ida/zal/ce1)