POSKO MUDIK: Beberapa kegiatan kepramukaan di Kwarcab Kota Semarang. Terlihat beberapa anggota pramuka tengah mendirikan posko mudik, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
POSKO MUDIK: Beberapa kegiatan kepramukaan di Kwarcab Kota Semarang. Terlihat beberapa anggota pramuka tengah mendirikan posko mudik, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Pramuka sangat potensial menjadi pilihan kegiatan yang positif dan menarik bagi anak-anak serta remaja Indonesia. Ibarat api dalam sekam, hanya perlu sedikit pemantik untuk kembali menggelorakan Pramuka. Salah satunya melalui kegiatan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016, kerja sama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Jawa Pos Group.

Menurut Kepala SD N Wates 01, Mulyono, Indonesia Scouts Challenge merupakan aktivitas berkemah sekaligus berkompetisi yang seru untuk anak didik (Penggalang Ramu) yang duduk di bangku kelas IV hingga V SD.

”Sementara ini memang belum tersosialisasi hingga ke SD-SD. Tetapi memang informasi awal sebagian sudah diketahui oleh pihak Kwarcab dan Kwaran. Kemungkinan akan disampaikan ke pangkalan dan Gugus Depan selesai Lebaran. Kegiatan untuk siswa SD tersebut menurut saya sangat efektif dan bagus guna memupuk rasa cinta kepada Pramuka,” ujar Mulyono ketika ditemui Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (10/7).

Kegiatan Indonesia Scouts Challenge merupakan kegiatan pramuka yang diikuti oleh siswa SD dengan batasan usia maksimal 12 tahun. Kegiatan tersebut diadakan mulai dari tingkatan kabupaten, provinsi, hingga nasional, pemenang kegiatan ini akan diberi hadiah berangkat ke Amerika Serikat.

”Seperti halnya dalam waktu dekat ini Kwarcab juga akan mengikuti jambore daerah. Setelahnya ada jambore nasional, dan jambore di Singapura. Kwarcab Kota Semarang masih mempersiapkan hal itu,” katanya.

Progres kegiatan kepramukaan di Kota Semarang, menurutnya menunjukkan peningkatan. Hal tersebut ditandai dengan disentuh dan digarapnya setiap bidang di Kwarcab Pramuka Kota Semarang.

”Kemarin kita juga baru saja meraih juara dua siaga di Kwarda Jawa Tengah. Selain itu, kami juga mengadakan Posko Pramuka Peduli, yang tahun-tahun lalu hanya satu titik dan kini ada 3 titik. Di bidang lain, ada pelatihan bekerja sama. Ada harapan ke depan pramuka dapat menjadi lebih baik,” tuturnya. (ewb/ida/ce1)