Bangkitkan Jiwa Sosial Pemuda

143
Suhadi. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)
Suhadi. (Wahib pribadi/jawa pos radar semarang)

DEMAK – Yayasan Bening Hati Demak bekerjasama dengan Karang Taruna Cipta Mulya Sari, Desa Margohayu, Kecamatan Karangawen mengadakan program buka puasa bersama sekaligus belajar tentang Keislaman. Pendiri yayasan, Suhadi, -akrab disapa Bang Hadi- mengatakan, puasa Ramadan ini merupakan waktu yang tepat untuk membangkitkan jiwa social bagi para pemuda.

Ia mengatakan, ada kecenderungan generasi muda saat ini lebih suka membentuk kelompok atau komunitas tertentu. Karena itu, pembentukan kelompok ini perlu dikelola secara baik untuk proses aktualisasi diri terkait dengan berbagai hal yang positif bagi perkembangan kedewasaan mereka. “Kegiatan-kegiatan seperti buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu perlu dilakukan mereka melalui momentum Ramadan ini,” kata politisi PKS ini.

Suhadi pun mengajak generasi muda untuk membuktikan kemampuan mereka melakukan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat, serta menjadi teladan untuk kelompok masyarakat lainnya. Dia menuturkan, banyak kegiatan di Karang Taruna yang bisa dilakukan oleh para pemuda dan kegiatan tersebut didukung oleh pemerintah melalui anggaran yang dialokasikan untuk mereka.

“Selain itu, saya berharap pemerintah daerah mengembalikan anggaran khusus untuk kegiatan pemuda di Karang Taruna yang dulu pernah ada sebesar Rp 5 juta tiap desa. Dengan dukungan pemerintah maka kegiatan pemuda bisa terarahkan dalam kegiatan yang positif, sehingga para pemuda memiliki jiwa sosial yang kuat,”ujar anggota DPRD Demak.

Dia mengungkapkan, jiwa sosial yang kuat akan mencegah kenakalan remaja, sikap individual, dan mengembangkan semangat gotong-royong. Ia mengemukakan semangat gotong-royong sebagai karakter bangsa harus bisa dibuktikan oleh generasi muda dalam kehidupan sehari-hari.(hib/fth)

Silakan beri komentar.