PALING DICARI : Kulkas dan mesin cuci merupakan produk dengan penjualan yang paling tinggi selama menjelang Lebaran. (ADENNYAR WYCkSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
PALING DICARI : Kulkas dan mesin cuci merupakan produk dengan penjualan yang paling tinggi selama menjelang Lebaran. (ADENNYAR WYCkSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG-Pasar elektronik di Kota Semarang hingga triwulan kedua ini, sedang lesu. Namun dengan datangnya Lebaran 2015 dan beragam promo yang digelar Atlanta Electronics, diprediksi bisa mendongkrak daya beli masyarakat.

“Pasar elektronik akan segera membaik. Kami memprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 15 persen. Khususnya untuk produk-produk low end,” kata Santoso Kurniadi, owner Atlanta elektronik saat grand opening toko baru Grand Ngaliyan Square, kemarin.

Menurutnya, hampir setiap menjelang Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, memang terjadi peningkatan penjualan. Makanya untuk memeriahkan Lebaran 2015 ini, kata Santosos, Atlanta Electronis memberikan promo cicilan 0 persen, cash back, hingga potongan diskon. Sedangkan produk yang paling banyak dicari adalah televisi, kulkas dan mesin cuci. “Saat ini, sudah ada kenaikan penjualan sekitar 8 persen. Kami optimistis, menjelang Idul Fitri kenaikan akan lebih besar lagi mencapai 68 persen dari total persediaan barang yang ada,” katanya.

Terkait, outlet baru Atlanta Electronis di Grand Ngaliyan Square, Jalan Prof Dr Hamka Ngaliyan Semarang, kata Santoso, didukung 20 lebih merek elektronik. Dalam masa promo ini, masing-masing merek memberikan potongan harga atau diskon sampai dengan 75 persen.

“Selain itu, kami juga menggandeng perusahaan perkreditan serta perbankan agar memberikan bunga 0 persen dengan cicilan 12 bulan ditambah diskon 5 persen dan cashback. Hal ini guna memudahkan konsumen dalam membeli barang elektronik,” katanya.

Sementara itu, 3 toko Atlanta mengadakan midnight sale dari pukul 21.00 hingga tengah malam pada Sabtu (4/7) kemarin. “Setiap transaksi minimal Rp 2 juta, mendapatkan kupon undian untuk mendapatkan grandprize 1 unit mobil dan 4 buah motor,” tuturnya.

Terpisah Branch Manager LG Electronics Semarang, Tony Suhartono, mangakui jika pertumbuhan penjualan produk elektronik tahun ini sangat berat. Untuk menggenjot penjualan, pihaknya bersama Atlanta memberika promo menarik seperti cashback dan pemberian souvenir, cicilan dengan bunga 0 persen serta masih banyak lagi. “Dengan hadirnya berbagai promo yang diberikan, diharapkan bisa menggairahkan pasar elektronik di Kota Semarang,” harapnya. (den/ida)