MENYIMAK: Puluhan santri dan santriwati TPQ (Tempat Pembelajaran Quran), menyimak tausiah di Masjid Al Hikmah, kemarin. (Baskoro Septiadi/Jawa Pos Radar Semarang)
MENYIMAK: Puluhan santri dan santriwati TPQ (Tempat Pembelajaran Quran), menyimak tausiah di Masjid Al Hikmah, kemarin. (Baskoro Septiadi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Masjid Jami’ Al Hikmah, Jalan Srinindito Timur V/1, Ngemplak Simongan, Semarang menjadi tempat kesekian digelarnya event berbagi buka puasa yang digelar oleh Jawa Pos Radar Semarang dan Rumah Zakat (RZ).

Sedikit berbeda dengan program serupa di tempat lain sebelumnya, berbagi buka bersama kemarin selain diikuti oleh jamaah Masjid, juga diikuti oleh puluhan santri dan santriwati TPQ (Tempat Pembelajaran Quran) Masjid Al Hikmah.

Alhasil, event yang juga didukung oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, Yayasan Permata Sari, Batik Naga Mas Jalan Sebandaran No 18 Semarang, Toko Keramik dan Sanitary Subur Makmur Jalan MT Haryono No 65 Semarang, Salon SPA Skin dan Bodycare W Double You Jalan Sriwijaya No 38 C-D, Alfamart, PT Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), dan BPJS Ketenagakerjaan itu berlangsung lebih meriah.

”Untuk kali ini memang kebetulan di masjid ada TPQ, sehingga program buka bersama juga diikuti oleh santri dan santriwati TPQ yang menambah meriah suasana,” terang salah satu relawan RZ, Yoyok.

Dan seperti biasanya, menjelang buka bersama, para jamaah disuguhkan tausiah singkat dari tokoh-tokoh Masjid termasuk Takmir Masjid Al Hikmah, Ardian dan juga perwakilan dari relawan RZ.

Takmir yang akrab disapa Haji Ardian dalam sambutannya mengatakan, bulan Ramadan selain bulan yang penuh hikmah juga mengajarkan kepada para umat untuk selalu menjaga kerukunan, perdamaian dan ketenteraman.

”Bulan Ramadan mengajarkan kita tentang banyak hal termasuk untuk mencapai kehidupan yang rukun, damai dan tentram. Dan sekali lagi kami juga berterima kasih atas terlaksananya program berbagi buka bersama di Masjid kami,” terangnya.

Untuk para santri serta santriwati, menurut Ardian program seperti ini diharapkan menjadi inspirasi bagi anak-anak mengenai pentingnya saling berbagi antar sesama termasuk berbagi buka bersama. (bas/zal/ce1)