SIAP GELAR ISC: Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Prof Dr Ir S Budi Prayitno, MSi (kedua dari kanan) dan Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz menunjukkan nota kesepahaman (MoU) yang baru saja ditandatangani. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAP GELAR ISC: Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Prof Dr Ir S Budi Prayitno, MSi (kedua dari kanan) dan Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz menunjukkan nota kesepahaman (MoU) yang baru saja ditandatangani. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Perjalanan menuju gelaran Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 di Jawa Tengah tinggal selangkah lagi. Hal itu menyusul telah ditandatanganinya MoU antara Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah dengan Jawa Pos Group di Gedung Pramuka Jalan Pahlawan No 8 Semarang, Jumat (3/7). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Prof Dr Ir S Budi Prayitno, MSi dan Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz mewakili Jawa Pos Group.

Dalam sambutannya, Prof Budi menyatakan dukungannya untuk menyukseskan event yang kali pertama digelar di Jateng itu. Menurut dia, Jateng patut berbangga karena ditunjuk sebagai pilot project program nasional yang telah dicanangkan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault dan CEO Jawa Pos Group Azrul Ananda.

”Kenapa kemudian dilakukan MoU di tingkat daerah, agar menjadi acuan bagi Kwarcab (Kwartir Cabang) di kabupaten dan kota di Jateng untuk memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan kegiatan ISC ini,” ujar pria yang akrab disapa Kak Budi ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Menurut Budi, pelaksanaan ISC tidak hanya memberikan kesempatan bagi anak didik untuk belajar ke luar negeri, akan tetapi juga melatih gugus depan (gudep) dalam rangka pembentukan karakter yang merupakan bagian dari proses revolusi mental. Hal ini penting ditanamkan khususnya kepada generasi muda.

”Di sana ada evaluasi baik di tingkat cabang, daerah, maupun nasional, sehingga mereka yang memiliki performance baik yang dikirim menjadi duta Pramuka di Amerika Serikat,” katanya.

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU ini, lanjut Budi, akan dikirimkan surat edaran kepada seluruh Kwarcab di 35 kabupaten/kota di Jateng. Sehingga dapat langsung ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dengan masing-masing Jawa Pos Group yang ada di daerah.

”Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada generasi muda untuk memiliki wawasan yang luas. Selain itu, juga memiliki karakter untuk selalu cinta tanah air dan menjadi magnet bagi lingkungan sekitar untuk selalu menjadi lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz mengaku gembira dengan adanya penandatanganan MoU tersebut. Artinya, kegiatan yang rencananya digelar pada September 2015-Agustus 2016 itu dipastikan akan berjalan lancar. ”Senin (6/7) mendatang, kami juga berencana untuk melakukan audiensi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo demi suksesnya acara tersebut,” katanya didampingi Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang, Arif Riyanto.

Media Relations Manager PT DBL Indonesia sekaligus penyelenggara ISC Jateng, Roky Maghbal mengatakan, sejak 1 Juli hingga 30 September 2015, setiap gugus depan sudah bisa melakukan pendaftaran peserta di kantor kwarcab kabupaten/kota di Jateng. Selain itu, bisa melakukan pendaftaran di kantor Jawa Pos Group setempat. Antara lain, di kantor Radar Semarang, Radar Kudus, Radar Solo, Radar Kedu, Magelang Ekspres, Kebumen Ekspres, Radar Banyumas, Radar Tegal dan Radar Pekalongan. (fai/aro/ce1)