SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan akan meniadakan kegiatan open house di Wisma Perdamaian (Wisper) sebagaimana lazim dilakukan pada saat Lebaran tiba. Ia berdalih, kegiatan yang dihadiri bupati/wali kota se-Jawa Tengah itu menjadikan mereka repot karena tidak dapat mendekatkan diri dengan keluarga dan warganya.

”Bupati maupun wali kota merupakan kepala keluarga dalam pemerintah daerah. Oleh karena itu, saya sarankan mereka untuk membuat open house di tempatnya masing-masing saja,” ungkap Ganjar.

Ganjar sendiri mengaku akan menggelar open house di tempat di mana ia menjalankan salat Ied. Adapun tempatnya tidak terfokus di satu titik saja yaitu Kota Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Akan tetapi, di beberapa tempat yang berbeda sehingga daerah lain juga dapat merasakan memiliki gubernur Jawa Tengah. ”Besok rencana saya mau salat Ied di tempat Bapak. Tahun berikutnya mungkin di tempat mertua. Tahun berikutnya mungkin di daerah lain yang mengharapkan saya bisa di situ,” ujarnya.

Untuk mengganti open house yang biasa digelar di Wisper, Ganjar mengaku akan mengadakan open house bersama seluruh SKPD di lingkungan Provinsi Jateng pada hari pertama masuk kerja usai cuti Lebaran. (fai/ric/ce1)