Games Bisa Masukkan Unsur Lokal

155

KEGIATAN Indonesia Scouts Challenge (ISC) akan menjadi ajang adu keterampilan dan kreativitas bagi anggota Pramuka tingkat penggalang. Apalagi konsep yang diusung juga menggembirakan. Selain itu, juara di tingkat nasional juga akan berkesempatan mengunjungi Amerika Serikat.

Ketua Kwartir cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Temanggung Bambang Arrochman menilai konsep yang ditawarkan ISC sangat menarik untuk pengembangan Pramuka. Pihaknya masih akan membahas lebih detail dengan para pengurus. ”Secara umum gambaran Indonesia Scouts Challenge cukup bagus, tapi kita perlu beberapa kali rapat lagi untuk mendiskusikan bersama,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, menggelar acara yang besar memang tidak mudah. Harus melalui perencanaan yang matang. Apalagi kegiatan ini akan diikuti ribuan siswa kelas 4 dan 5 SD atau usia maksimal 12 tahun.

”Misalnya harus memikirkan juga bagaimana menyediakan makan bagi para peserta,” tambah Sekretaris Kwarcab Temanggung Subardi.

Konsep ISC memang selaras dengan program Pramuka di daerah. Mirip acara Pesta Siaga atau Jambore Daerah. Berbagai permainan yang dilombakan juga sesuai untuk mengasah keterampilan para anggota pramuka.”Konsep game bisa dibahas bersama, mungkin juga bisa memasukkan unsur-unsur lokalitas daerah,” tutur Subardi.

Karena saat ini sedang dalam masa Ramadan dan menghadapi Lebaran, rencananya Kwarcab Temanggung akan membahas lebih detail event ISC seusai Lebaran. Apalagi sekitar bulan September atau Oktober mendatang, Kwarcab juga akan menggelar Jambore Daerah yang akan diikuti anggota Pramuka di Temanggung.”Intinya kalau program menarik dan positif bagi anak-anak maka akan kami dukung,” tambah Bambang. (ton/zal/ce1)