SEMARANG – Partai Kedilan Sejahtera (PKS) ternyata sudah mengeluarkan lima rekomendasi bagi calon kepala daerah yang bakal bertarung dalam pilkada serentak Desember mendatang. Kelimanya adalah untuk Kabupaten Sragen, Wonogiri, Surakarta, Klaten dan Kota Pekalongan.

Ketua Desk Pilkada PKS Jateng, Hadi Santoso mengatakan bahwa untuk Sragen, rekomendasi diberikan kepada pasangan Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Dedy Endriyatno. Yuni merupakan kader Gerindra, sedangkan Dedy kader PKS.

Di Wonogiri rekomendasi diberikan kepada Hamid Nur Yasin untuk bakal calon (balon) Bupati Wonogiri. Sedangkan Kabupaten Klaten, PKS memberikan rekomandasi kepada Sudibyo untuk posisi bakal calon wakil bupati.

”Sejauh ini sudah lima rekomendasi yang diturunkan. Untuk Sragen, partai koalisinya sudah sepakat dan sudah membentuk tim pemenangan,” katanya, kemarin.

Sedangkan Kota Surakarta, rekomendasi diberikan kepada calon Wali Kota Ahmad Fajri; Kota Pekalongan rekomendasi untuk calon Wali Kota Idris Satria Budi. PKS sejauh ini berusaha mengusung kader internal yang memiliki elektabilitas dan disukai masyarakat. ”Elektabilitas dan disukai masyarakat merupakan modal berharga untuk bisa memenangi Pilkada Desember mendatang. Karena itulah, kami masih terus menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol lain, agar bisa memenangkan pilkada,” imbuhnya.

Hadi menambahkan, untuk koalisi dilakukan dengan sejumlah partai tergantung kondisi wilayah di daerah masing-masing. Meski begitu, pihaknya juga masih menunggu rekomendasi di sejumlah daerah lain yang bakal turun dalam waktu dekat ini. Sedangkan calon yang diusung sudah melalui berbagai proses seleksi yang ketat.

”Rekomendasi tidak main-main. Karena partai sudah memiliki berbagai pertimbangan. Termasuk figur yang memiliki popularitas, elektabilitas dan kredibilitas tinggi. Mereka juga harus amanah menjalankan tugas sebagai kepala daerah,” tambahnya.

Sejauh ini sudah ada beberapa parpol yang menurunkan rekomendasi untuk calon kepala daerah dalam pilkada di 21 daerah. PDIP bahkan sudah mengeluarkan rekomendasi untuk enam daerah. Bahkan, mereka yang mendapat restu merupakan calon incumbent. Yakni Kota Semarang, Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Pemalang dan Kota Magelang. Sementara Partai Gerindra rekomendasi baru akan turun bulan Juli ini. (fth/ida/ce1)