Ramadan saat yang Tepat Bersedekah

252
BERKAH: Buka Bersama Rumah Zakat dan Jawa Pos Radar Semarang, di musala An Nasr Jalan Cikurai Barat, Kalilangse, Gajahmungkur. (ist)
BERKAH: Buka Bersama Rumah Zakat dan Jawa Pos Radar Semarang, di musala An Nasr Jalan Cikurai Barat, Kalilangse, Gajahmungkur. (ist)

SEMARANG – Event berbagi buka puasa yang digelar oleh Jawa Pos Radar Semarang dan Rumah Zakat (RZ) Sore (1/7) kemarin berlanjut. Kali ini panitia berkesempatan mengunjungi musala An Nasr yang terletak di Jalan Cikurai Barat, Kalilangse, Gajah Mungkur.

Seperti biasa event yang juga didukung oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, Yayasan Permata Sari, Batik Naga Mas Jalan Sebandaran No 18 Semarang, Toko Keramik dan Sanitary Subur Makmur Jalan MT Haryono No 65 Semarang, Salon SPA Skin dan Bodycare W Double You Jalan Sriwijaya No 38 C-D, Alfamart, PT Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), dan BPJS Ketenagakerjaan dibuka oleh sambutan serta tausiah menjelang berbuka.

Dalam kesempatan kemarin, tausiah Ramadan di musala An Nasr diisi oleh Ustad Iib Abdillah yang menyampaikan banyak hal mengenai keistimewaan bulan Ramadan yang saat ini sudah memasuki hari ke-16 tersebut.

Salah satu poin penting yang disampaikan dalam tausiah singkat adalah keistimewaan sedekah. Terutama di bulan yang penuh rahmat ini dianjurkan bagi umat muslim untuk bersedekah serta memperbanyak kebaikan. ”Banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Apalagi di bulan Ramadan ini saat yang tepat untuk meraih amalan baik dan salah satu pintunya adalah melalui sedekah,” katanya.

Berbagi buka bersama di musala An Nasr kemarin sendiri diikuti oleh puluhan jamaah serta masyarakat sekitar. Total panitia menyediakan tak kurang dari 100 paket buka bersama untuk jamaah yang hadir.

Koordinator acara, Lina Indriawati mengatakan, antusias jamaah serta masyarakat sekitar untuk meramaikan berbagi buka bersama kemarin cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya jamaah yang ikut hadir dalam event kemarin. ”Antusias jamaah serta masyarakat cukup tinggi. Bahkan beberapa lama sebelum acara dimulai jamaah serta masyarakat sekitar sudah memenuhi musala. Dan tentunya kami bersyukur bisa mendapat kesempatan berbagi dengan jamaah An Nasr,” kata Lina.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu jamaah, Sumar. Menurutnya event seperti ini juga cukup penting untuk meningkatkan silaturahmi antarjamaah maupun dengan masyarakat sekitar yang kemarin juga berkesempatan mengikuti berbagi buka bersama. ”Apalagi musala kami ini adalah musala kecil. Makanya kami cukup senang dengan adanya event berbagi buka bersama. Mudah-mudahan event seperti ini bisa berlanjut setiap tahunnya,” kata Sumar kemarin. (bas/zal/ce1)