Kerja di Kapal Pesiar Semakin Mudah

212
SIAP KERJA: Beberapa siswa Mentor College sedang mengikuti praktik dengan pembimbing yang berpengalaman. (SUGIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAP KERJA: Beberapa siswa Mentor College sedang mengikuti praktik dengan pembimbing yang berpengalaman. (SUGIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tingginya penghasilan bekerja di kapal pesiar asing menjadi salah satu pertimbangan beberapa calon tenaga kerja menekuni profesi ini. Namun banyak dari mereka yang belum paham dan mengerti cara mempersiapkan diri untuk menggapai impiannya.

Hal itu dikatakan Gigis Hartono Tamso, Direktur Mentor College International Marine Hotel di kampusnya jalan Telogosari Raya 41 kemarin.
Pria yang akrab disapa Gigis ini menambahkan, Mentor College sebagai salah satu lembaga pelatihan tertua dan terkemuka di Kota Semarang sengaja dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa yang ingin bekerja di kapal pesiar dengan kualifikasi standar kompetensi internasional. ”Di sini kami mempersiapkan siswa belajar sesuai jurusannya agar lebih mudah diterima di perusahaan-perusahaan kapal pesiar asing sesuai bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Dengan bekal pengalaman bekerja di kapal pesiar asing selama puluhan tahun, Gigis mengelola lembaganya dengan memberikan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan kerja, yakni food knowledge, food service, beverage service dan house keeping. Dan semua proses belajar mengajar disampaikan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. ”Selain itu kami juga memberikan pelajaran bahasa Perancis sebagai bahasa pendukung dan semua materi pelajaran kami berikan sesuai standar internasional,” tutur pria ramah ini.

Lebih lanjut Gigis menambahkan, lembaga pelatihan ini menerapkan masa belajar yang singkat, yakni hanya 5 bulan ditambah 6 bulan training di hotel berbintang di Kota Semarang. Dengan masa belajar yang relatif singkat tersebut para lulusan dijamin sudah siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Lebih lanjut ia menjelaskan, lembaga ini mematok biaya yang relatif terjangkau, hanya Rp 7,5 juta sampai selesai pendidikan. ”Selain itu kami juga bekerja sama dengan agency-agency nasional dan internasional untuk menyalurkan lulusan kami bekerja di kapal pesiar terkemuka di dunia,” tutupnya. (gie/zal/ce1)