KRAPYAK – Gugatan praperadiland kasus dua korban salah tangkap dalam operasi yustisi penegakkan Perda Kota Semarang, Eka Evina dan Nurul Hidayati, tidak diterima oleh Hakim tunggal Boedi Soesanto, dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Selasa (30/6).
Boedi Soesanto dalam pertimbanganya menyatakan bahwa permohonan ganti rugi materiil dan imaterial merupakan ganti rugi Perbuatan Melawan Hukum pada Pasal 1365 KUHPerdata tunduk pada Hukum Acara Perdata.

”Adanya dualisme tuntutan ganti rugi Praperadilan dan ganti rugi Perbuatan Melawan Hukum menjadikan gugatan kabur (obscuur libel) sehingga gugatan menjadi cacat formil. Untuk itu hakim memutuskan bahwa gugatan para penggugat tidak dapat diterima,” kata hakim, Boedi dalam amar putusanya.

Kuasa hukum para pemohon, Suryono, SH mengaku menghormati putusan praperadilan, baginya gugatan tidak diterima bukan berarti menghentikan langkah memperoleh keadilan bagi para kliennya. ”Kami akan segera melakukan upaya hukum yang diperlukan,” kata pengacara dari LBH Mawar Saron Semarang tersebut.

Seperti diketahui, Eka dan Nurul disangka sebagai Wanita Tuna Susila (WTS) di Jalan Imam Bonjol, Semarang. Saat ditangkap, keduanya memang berada di jalan tersebut. Namun, di jalan tersebut pula lokasi tempatnya bekerja pada PKL. Keduanya sempat ditangkap dan direhabilitasi di Balai Rehabilitasi Sosial Wanita Utama Surakarta.

Pihak keluarga sempat kesulitan saat hendak mengeluarkan Eka dan Nurul dari balai rehabilitasi di Surakarta. Sebab, pimpinan satpol PP sulit ditemui dan terkesan tidak ingin dipersalahkan atas kejadian tersebut. Hingga akhirnya, tim LBH Mawar Saron menjemput sendiri Eka dan Nurul ke Surakarta.

Operasi yustisi dinilai sudah dilakukan sesuai prosedur yang diatur dalam pasal 2 Perda Kota Semarang tentang pemberantasan pelacuran di jalan dalam kota besar Semarang tahun 1956. Dalam operasi yustisi 18 Maret 2015 itu, para pemohon berada di lokasi di Jl Imam Bonjol, tempat Pekerja Seks Komersial (PSK) lainnya diamankan. Pemohon dinilai bagian dari PSK tersebut. (bj/zal/ce1)