Belajar dari Pengalaman

534
M. HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG
M. HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG
M. HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG

GADIS kelahiran Bandung, 1 Oktober 1986 ini bernama lengkap Diajeng Kusuma Ningrum. Alumnus Fakultas Hukum Atmajaya Jogjakarta tahun 2004 ini cukup beruntung. Begitu lulus kuliah langsung diterima menjadi CPNS (calon pegawai negeri sipil) di kejaksaan Pekanbaru, Riau.

Setelah itu, ia diangkat menjadi PNS di kejaksaan Lampung, hingga melanjutkan sekolah jaksa di Ragunan, Jakarta selama 6 bulan. Namanya sekolah Pendidikan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ pada 2012.

”Setelah lulus dari pendidikan, saya mendapat SK bertugas sebagai jaksa muda di Kejari Pangkalan Balai, Sumatera Selatan selama 1 tahun. Lalu dapat Surat Perintah Tugas di Kejaksaan Tinggi Sumsel, dan sejak Januari 2015 dipindah ke Kejari Semarang,” beber gadis yang hobi jalan-jalan dan backpacker tersebut kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (30/6).

Putri bungsu dari 4 bersaudara pasangan Yongky Indra dan Yulia Susanti ini mengaku, sebelumnya tak bercita-cita menjadi jaksa. Ia justru berkeinginan menjadi seorang pegawai bank.

”Waktu sekolah dulu saya ngomong ke ayah pengin bekerja yang ada seragamnya. Gak kepikiran jadi jaksa. Nah, pas ada pendaftaran di kejaksaan, ayah ngabari. Saya pun iseng-iseng mencobanya. Eh pas daftar, langsung keterima. Semua mengalir aja kok,” ujar penyuka film horor dan action ini.

Selama 4 bulan berdinas di Kejari Semarang, mahasiswi Magister Hukum Undip ini mengaku telah enjoy. Sudah hampir 20 perkara yang ditangani yang kebanyakan kasus pidum (pidana umum). ”Setiap menangani kasus, saya selalu belajar dari pengalaman, rajin membaca buku, update undang-undang, serta sering sharing dengan senior,” kata gadis yang hobi olahraga hoki ini.

Gadis pemilik moto hidup: jangan terlalu berekspektasi kalau tidak sesuai harapan akan jadi kecewa, sehingga jalani saja hidup ini apa adanya tersebut, juga menargetkan awal tahun depan lulus kuliah S2, dan baru memikirkan pernikahan.

”Kalau nikah nggak usah ditarget, soalnya meleset terus hehehe. Saat ini masih LDR (Long Distance Relationship). Nantilah biar saya selesaikan kuliah dulu,” ucapnya sambil tersenyum manis. (mha/aro/ce1)