SEMARANG – Guna mengakomodasi banyaknya warga Jawa Tengah yang hendak mudik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng kembali menyediakan layanan mudik gratis menjelang Lebaran 2015 nanti. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 178 bus disediakan untuk mengangkut warga Jateng yang bekerja di Jakarta kembali ke tempat asalnya. Selain itu, juga disediakan dua rangkaian kereta api (KA) dengan kapasitas masing-masing 608 orang.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dinhubkominfo) Jateng Satriyo Hidayat menjelaskan, total seluruh bus tersebut terdiri atas 48 bus dari Pemprov Jateng, 70 bus dari Pemerintah Kabupatan/Kota se-Jateng, dan 50 bus dari Bank Jateng. Masing-masing bus memiliki kapasitas 52 orang. ”Semuanya berangkat dari Anjungan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Jakarta pada 12 Juli 2015,” terangnya.

Satriyo menambahkan, sementara untuk KA akan diberangkatkan dari Stasiun Senen pada 14 Juli 2015 melalui dua jalur pemberangkatan. Yaitu jalur utara (jurusan Semarang) pada pukul 07.00 dan jalur selatan (jurusan Solo) pada pukul 12.00. ”Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan yang menyediakan angkutan orang dan sepeda motor melalui kereta, truk, dan kapal laut,” imbuhnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (29/6).

Untuk pengangkutan melalui KA, lanjut Satriyo, target dari Kemenhub dapat mengangkut 4.200 sepeda motor. Sementara melalui truk dapat menampung 6.440 orang dan 2.800 sepeda motor. Adapun pengangkutan melalui kapal ditarget bisa menampung 500 penumpang dan 2.500 sepeda motor. ”Target arus mudik dan balik sama. Jadi siapa yang mudik, mereka nanti juga sekalian balik,” terangnya.

Satriyo melanjutkan, untuk mekanisme pendaftaran peserta dapat dilakukan dengan mendatangi kantor perwakilan Jateng di Jakarta. Selain itu, juga melalui paguyuban warga Jateng yang berada di sana. Menurutnya, pendaftaran akan ditutup pada 1 Juli mendatang. ”Namun, jika kedapatan kuota sudah terpenuhi, maka akan langsung ditutup,” tandasnya. (fai/ric/ce1)