Sekolah Non Favorit Masih Sepi Peminat

331
DAFTAR SEKOLAH: Suasana Pendaftaran siswa baru di SMA 1 Kendal, para pendaftar harus mengantre. (BUDI SETIYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DAFTAR SEKOLAH: Suasana Pendaftaran siswa baru di SMA 1 Kendal, para pendaftar harus mengantre. (BUDI SETIYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Hari pertama pendaftaran peserta didik baru SMA sederajat di sekolah favorit di Kendal, kemarin, padat pendaftar. Sebaliknya sekolah yang bukan favorit masih lengang dan hanya ada beberapa pendaftar yang masuk. Meski padat pendaftar dalam arti sekolah diminati, Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono menjanjikan tidak akan ada kecurangan dalam penerimaan siswa baru. Sebab pendaftaran dilakukan secara transparan sehingga diketahui semua siswa yang mendaftar. “Juga tidak ada surat sakti, atau titip-titipan dari anak atau sanak famili pejabat untuk masuk ke sekolah-sekolah tertentu. Kami sudah melarang hal itu kepada semua kepala sekolah. Jika memang pejabat sekolah yang menerima titipan, segera laporkan kepada kami,” kata Muryono, Senin (22/6).

Muryono menambahkan, pendaftaran peserta didik baru SMA, SMA LB, MA dan SMK dimulai sejak Senin (22/6) hingga Sabtu (27/6) mendatang. Peserta dapat mendaftar ke sekolah dengan mengisi formulir dan surat pernyataan akan belajar sungguh-sungguh dan akan menjaga nama baik almamater sekolah. Satu ruang kelas atau ruang belajar maksimal hanya dapat menampung 32 siswa. Jumlah SMA di Kendal sendiri ada 32 sekolah sedangkan SMK ada 48 sekolah. “Jadi maksimal jumalh siswa yang diterima skeolah adalah jumlah ruang kelas yang ada pada setiap sekolah dikalikan 32 siswa,” imbuhnya.

Kriteria penerimaan siswa setiap sekolah didasarkan pada nilai hasil ujian nasional (Unas). Jadi tidak ada tes ujian masuk sekolah. Selain itu, pendafaran siswa juga bersifat gratis dan tidak ada pungutan apapun. “Jika sampai ada sekolah yang menarik pungutan siswa dalam pendaftaran ini, segera laporkan kepada kami. Kami akan berikan sanksi,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMA 1 Kendal, Sunarto mengatakan hari pertama yang mendaftar membludak. Terutama untuk jurusan IPA mencapai 225 siswa. Sementra untuk jurusan IPS dan Bahasa masing-masing 55 dan 18 siswa. “Total murid yang kami butuhkan, IPA 114, IPS 103 dan Bahasa 48,” katanya.

Salah seorang pendaftar, Alma Fitriani siswa MTs N Kendal mengaku mendaftar di SMA 1 Kendal karena merupakana salah satu sekolah favorit terbaik di Kendal. “Selain itu permintaan dari orang tua agar saya sekolah yang deket rumah,” kata warga Patebon. (bud/fth)