Rp 37 Miliar Untuk Gaji ke 13 PNS

181

DEMAK – Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Demak bisa sedikit gembira. Sebab, tidak lama lagi dana rapelan dan gaji ke-13 bakal segera cair. Untuk dana tunjangan rapelan (Januari hingga Juni) sedianya dicairkan pada 8 Juli nanti. Sedangkan, untuk gaji ke-13 cair pada 10 Juli.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Pemkab Demak, Siti Zuarin mengatakan, terkait rencana pencairan dana rapelan dan gaji PNS, pihaknya telah meminta setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mengajukan surat perintah membayar (SPM). Menurutnya, pencairan disiapkan karena peraturan pemerintah (PP) terkait gaji itu sudah turun. Yakni, PP Nomor 30 Tahun 2015 tentang perubahan ke 17 atas PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang kenaikan gaji PNS.

Ini juga sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2015 tentang pemberian gaji ke-13 untuk PNS, anggota TNI/ kepolisian, pejabat negara, dan pensiunan. “Jadi, SKPD tinggal menyerahkan SPM saja langsung cair,”kata Siti Zuarin didampingi Kabid Pengendalian Herminingsih dikantornya, kemarin.

Ia menambahkan, untuk kebutuhan gaji ke-13, pemkab telah menyediakan anggaran sebesar Rp 37 miliar. Dana itu untuk mengcover sebanyak 8.557 PNS plus kepala daerah dan wakil kepala daerah. Bupati dan wakilnya ikut dapat gaji ke 13 karena termasuk pejabat negara. Untuk PNS golongan terendah gaji yang diterima mencapai Rp 1.486.500 (PNS nol tahun) dan paling tinggi mendapatkan Rp 5.620.300.

Bila CPNS mendapat gaji sebesar 80 persen, maka pensiunan memperoleh gaji 75 persen. Siti Zuarin mengatakan, gaji ke-13 yang dicairkan tersebut bukan untuk lebaran Idul Fitri. Namun, fungsinya untuk membantu biaya pendidikan bagi putra putri PNS. Ini sekaligus meringankan beban PNS tersebut. “Kebetulan masa liburan sekolah ini memang bertepatan dengan puasa dan lebaran,” tambahnya. (hib/fth)