PANTAU HARGA : Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersama jajaran Forkompinda saay meninjau harga sembako di los daging Pasar Raya I kemarin. (Dhinar sas/jawa pos radar semarang)
PANTAU HARGA : Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersama jajaran Forkompinda saay meninjau harga sembako di los daging Pasar Raya I kemarin. (Dhinar sas/jawa pos radar semarang)

SALATIGA – Harga sembilan bahan pokok (sembako) di Salatiga masih stabil dan belum mengalami kenaikan yang berarti. Namun menjelang lebaran ini, beberapa bahan diprediksi naik antara lain daging ayam, daging sapi, cabai, dan beras.

Hal ini hasil pantauan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Salatiga beserta dinas terkait di Pasar Raya I dan Pasar Blauran, Senin (22/6). Dari pantauan yang dipimpin langsung Wali Kota Salatiga Yuliyanto tersebut, diketahui bahwa harga bahan pokok seperti daging, beras, minyak, gula, sampai dengan gas elpiji masih normal.

Di tengah pantauan tersebut, Yani, 40, pedagang Pasar Raya menyampaikan keluhan kepada Wali Kota. “Lantai dasar Pasar Raya I ini bocor dan belum diperbaiki. Mohon diperhatikan pedagang di pasar, diusahakan bagaimana supaya bisa laris. Keberadaan PKL yang di trotoar juga mohon dicarikan solusi, karena trotoar kan untuk pejalan kaki,” ujar Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Raya I ini.

Suharmanto, 45, pedagang Pasar Blauran menyampaikan harapan supaya pemerintah lebih memperhatikan keberadaan pasar tradisional. “Pasar Blauran ini masih eksis karena kami bina, mulai dari pedagang sampai tukang parkir. Harapan kami supaya pasar ini bisa lebih bersih, tertib dan nyaman,” harap pemilik Ruko Grosir Sembako di Pasar Blauran sekaligus Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Blauran ini.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh. Haris menuturkan bahwa pantauan harga sembako oleh Forkompinda tersebut merupakan wujud kepedulian dari para pimpinan daerah di Salatiga terhadap masyarakat. “Kami memastikan bahwa stok sembako masih ada, harganya terjangkau dan kualitasnya pun bagus,” jelas Wawali.

Selain Pasar Raya I dan Pasar Blauran, Forkompinda juga memantau harga eceran di agen gas elpiji di Jalan Buksuling dan mengecek ketersediaan beras di Gudang Bulog Bawen. (sas/ric)